Bursa Eropa Bergerak Variatif di Sesi Awal Perdagangan

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
04 May 2021 16:02
General view of the stock exchange in Frankfurt, Germany, March 23, 2018. REUTERS/Kai Pfaffenbach Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa dibuka variatif pada perdagangan Selasa (4/5/2021), karena investor terus memonitor prospek pemulihan global di tengah rilis kinerja keuangan.

Indeks Stoxx 600 yang berisi 600 saham unggulan Eropa dibuka flat, dengan indeks saham sektor sumber daya dasar menguat 0,8% sementara indeks saham sektor teknologi tertekan 0,6%.

Selang 30 menit kemudian, indeks Stoxx 600 melemah 0,25 poin (-0,06%) ke 439,67. Indeks FTSE Inggris naik 34 poin (+0,49%) menjadi 7.003,78 dan CAC Prancis tumbuh 6,9 poin (+0,11%) ke 6.314,76. Namun, indeks DAX Jerman anjlok 101,3 poin (-0,66%) 15.135,16.


Awal yang cenderung flat tersebut mengikuti tren di Amerika Serikat (AS) dan Asia Pasifik, di mana mayoritas saham bergerak mixed di perdagangan Selasa pagi, sementara bursa saham Jepang dan China masih tutup karena libur nasional.

Sementara itu, kontrak berjangka (futures) bursa saham AS cenderung flat di pasar pra-pembukaan pada Selasa setelah investor mengawali perdagangan di awal Mei dengan aksi beli saham-saham siklikal yang diprediksi akan diuntungkan dari pembukaan kembali ekonomi.

Investor terus memonitor situasi Covid-19 di India yang tak menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pekan lalu mengatakan bahwa satu dari tiga kasus baru infeksi Covid-19 di dunia muncul dari India.

Sebaliknya, AS terus melonggarkan pengetatan pandemi di tengah program vaksinasi. Gubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan bahwa mayoritas pembatasan kapasitas akan dicabut di seluruh New York, New Jersey dan Connecticut, sementara layanan subway akan kembali difungsikan selama 24 jam pada akhir bulan ini.

Saudi Aramco pada Selasa melaporkan laba bersih yang lebih baik dari ekspektasi pada kuartal I-2021 menyusul penguatan kembali harga minyak mentah dunia, dengan laba bersih tembus US$ 21,7 miliar dari $16.7 billion for the same period last year.

Rilis kinerja keuangan di Eropa bakal muncul dari DHL Group, Siemens Energy, sementara kebijakan yang akan dirilis di antaranya adalah pengumuman suku bunga acuan dari bank sentral Rusia.

Saham produsen pesawat tempur Dassault Aviation menyaksikan lonjakan harga saham sebesar 7% dan memimpin indeks Stoxx 600 setelah Mesir mengumumkan rencananya untuk membeli 30 pesawat tempur jenis Rafale.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading