Boy Thohir Lepas 179 juta Saham MDKA ke Adaro, Ada Apa?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 May 2021 13:33
Pengusaha Boy Thohir saat memberi tanggapan kepada tim CNBC Indonesia di Kantor Adaro, Jakarta, Selasa (24/4) Boy Thohir merupakan putra dari salah satu pemilik Astra International Teddy Tohir. Dia juga seorang pengusaha yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis. Dia menyelesaikan pendidikan MBA-nya di Northrop University Amerika Serikat. Boy Thohir dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses membawa Adaro Energy sebagai perusahaan batu bara terbesar di Indonesia.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO) baru saja melakukan investasi di PT Merdeka Cooper Gold Tbk (MDKA) dengan membeli saham perusahaan ini sebanyak 179 juta yang merupakan saham milik Garibaldi Thohir, Direktur Utama Adaro Energy.

Transaksi ini dilakukan pada 28 April lalu melalui anak usahanya PT Alam Tri Abadi.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan, pembelian saham ini dilakukan di harga Rp 2.420/saham. Sehingga transaksi ini menghasilkan nilai sebesar Rp 433,18 miliar.


"Bersama ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 28 April 2021, Perseroan melalui PT Alam Tri Abadi, suatu perusahaan terkendali Perseroan, telah melakukan investasi keuangan dalam bentuk pembelian saham PT Merdeka Copper Gold Tbk yang dimiliki oleh Bapak Garibaldi Thohir," tulis keterbukaan informasi tersebut, dikutip Senin (3/5/2021).

Transaksi yang dilakukan ini merupakan transaksi afiliasi sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 42/POJK.04/2020 Tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan.

Perusahaan juga mendapatkan opini kewajaran untuk transaksi ini yang diterbitkan oleh Kantor Jasa Penilai Publik Desmar, Ferdinand, Hentriawan dan Rekan terkait dengan Transaksi.

Untuk diketahui, Boy Thohir, panggilan akrabnya, merupakan pemegang saham sebanyak 8,204% di MDKA atau jumlah saham yang dimilikinya mencapai 1,79 miliar saham.

Hingga penutupan perdagangan sesi I hari ini, saham MDKA terkoreksi 4,20% ke Rp 2.510/saham. Dilepas asing sebanyak Rp 3,10 miliar.

Diperdagangkan 37,60 juta saham senilai Rp 95,73 miliar dengan frekuensi transaksi sebanyak 4.564 kali. Secara year to date di 2021, saham ini telah menguat 3,29%.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading