Wah! Pemilik Gancit-Kota Kasablanka Rilis Obligasi Rp 4,4 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
03 May 2021 11:40
Ilustrasi mal Gandaria City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten properti dan pengelola pusat perbelanjaan, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menerbitkan efek bersifat utang alias obligasi sebesar US$ 300 juta atau setara dengan Rp 4,4 triliun (kurs Rp 14.500/US$) yang dananya digunakan untuk membayar utang.

Direktur dan Corporate Secretary PWON Minarto mengatakan penerbitan ini dilakukan pada 29 April lalu. Kupon obligasi ini ditetapkan sebesar 4,875% per tahun yang akan jatuh tempo pada tahun 2028 berdasarkan Regulation S dari US Securities Act tahun 1933.

Penawaran surat utang ini bukan merupakan penawaran umum berdasarkan UU Nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal. Obligasi ini juga bukan penawaran efek bersifat utang yang dilakukan tanpa penawaran umum berdasarkan Peraturan OJK Nomor 30/POJK.04/2019 tentang Penerbitan Efek Bersifat Utang dan atau Sukuk yang Dilakukan Tanpa Melalui Penawaran Umum.


Surat utang ini dijamin oleh entitas anak tertentu dari PWON yakni PT Artisan Wahyu, PT Elite Prima Hutama, PT Grama Pramesi Siddhi, PT Pakuwon Permai, PT Pakuwon Sentosa Abadi, PT Permata Berlian Realty dan PT Dwijaya Manunggal.

Dalam penerbitan obligasi ini, emiten properti pemilik mal Kota Kasablanka dan Gandaria City (Gancit) ini menunjuk UBS AS, Singapore Branch dan Goldman Sachs (Singapore) Pte, sebagai initial purchasers, sementara itu The Bank of New York Mellon, Cabang London bertindak sebagai trustee (wali amanat) para pemegang surat utang.

"Hasil perolehan bersih penawaran surat utang ini akan atau telah digunakan untuk melunasi seluruh surat utang yang telah diterbitkan perusahaan pada 14 Februari 2017 dengan total pokok US$ 250 juta [setara Rp 3,63 triliun) dan sisanya untuk keperluan korporasi umum perusahaan," kata Minarto, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (3/5/2021).

Dari pasar modal, saham PWON naik 0,94% di posisi Rp 535/saham dengan nilai transaksi Rp 6,79 miliar dengan kapitalisasi pasar Rp 25,77 triliun. Year to date saham PWON naik tipis 5%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading