Lepas Ruas Tol Semarang & Cinere, Waskita Kantongi Rp 2 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 April 2021 14:34
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol  Serpong-Cinere Seksi I Ruas Serpong-Pamulang pada Kamis (1/4). Tol itu dibangun sepanjang 6,5 kilometer (km). (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Waskita Karya Tbk(WSKT) melakukan divestasi sebagian saham dari dua tol yang dimilikinya kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI. Nilai transaksi tersebut mencapai Rp 2,065 triliun atas ruas tol Semarang-Batang dan Cinere-Serpong.

Hal ini disampaikan perusahaan dalam akun iIstagram resminya @waskita_karya. Pelepasan tersebut dilakukan melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR). Pelepasan ini ditandai penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PJBB) antara WTR dan SMI pada Senin (12/4/2021).

"Bentuk jual beli bersyaratnya sendiri adalah dengan metode konversi saham (share swap) terhadap dua tol milik dari WTR. Divestasi ini melibatkan pelepasan 20% saham milik WTR di ruas tol Semarang-Batang dan 34,99% saham WTR di ruas tol Cinere-Serpong kepada PT SMI," tulis unggahan tersebut, dikutip Selasa (13/4/2021).


[Gambas:Instagram]



Pelepasan tol ini merupakan langkah strategis Waskita dalam meningkatkan kinerjanya di tahun 2021.

Hingga saat ini Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono dan Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum tak memberikan keterangan mengenai aksi korporasi ini ketika dihubungi CNBC Indonesia.

Adapun sebelumnya, Waskita telah menyebutkan setidaknya telah mempersiapkan 11 ruas tol untuk diinvestasikan melalui dana abadi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) dengan perkiraan dana yang bisa dikantongi hingga Rp 31 triliun.

Tol tersebut antara lain Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing, Ciawi-Sukabumi, Depok-Antasari, Cinere-Serpong dan Kanci-Pejagan. Selanjutnya ada Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Pasuruan-Probolinggo dan Krian-Legundi-Bunder.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading