Bye-bye Grup Bakrie, Proyek Pipa Cisem Bakal 'Digarap' APBN

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
12 April 2021 09:05
bakrie & Brothers

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek Pipa Cirebon-Semarang (Cisem) dikabarkan akan dikerjakan menggunakan dana Anggapan Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kabar tersebut tertuang di dalam surat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor T-133/MG.04/MEM.M/2021 tertanggal 1 April.

Dalam surat yang ditujukan kepada Kepala Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) disebutkan Kementerian ESDM memutuskan bahwa sesuai Pasal 3 dan Pasal 4 PP No. 36 Tahun 2004 bahwasannya untuk membangun pipa gas bumi ruas transmisi Cirebon-Semarang dilaksanakan dengan skema APBN.

Proyek ini mulanya akan digarap oleh PT Rekayasa Industri (Rekind), namun akhirnya mundur dari proyek. Lalu rencananya akan digarap oleh PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) sebagai pemenang lelang kedua.


Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan jika keputusan BPH Migas merupakan keputusan kolegial dan kolektif para Komite BPH Migas.

"Pak Kepala (BPH Migas) sedang mengupayakan komunikasi agar mendapatkan pemahaman yang sama dengan ESDM," ungkapnya kepada CNBC Sabtu, (10/04/2021).

Oleh karena itu menurutnya Pipa Cisem belum pasti dikerjakan menggunakan dana APBN.

"Saya berpandangan seperti itu," ucapnya saat ditanya jika masih komunikasi apakah belum pasti menggunakan APBN.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto. Dia mengatakan Pipa Cisem diusulkan menggunakan APBN, sebab tanpa APBN Rekind sebagai pemenang lelang pun mundur.

"Diusulkan," ucap Djoko saat ditanya perihal surat dari Menteri ESDM.

Proyek Pipa Cisem sudah mangkrak sejak 15 tahun lalu, sejak lelang yang dilaksanakan pada tahun 2006 lalu.

Sebelumnya, Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VII DPR RI, beberapa anggota dewan menanyakan soal kepastian kelanjutan proyek ini. Anggota komisi VII Fraksi PKB Ratna Juwita mempertanyakan kendala pembangunan pipa Cisem sehingga mangkrak sampai 15 tahun.

Padahal pipa ini menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). "Apalagi hari ini kita tahu gas adalah salah satu resource clean energi yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga pembangunan infrastruktur yang nantinya akan menjadi penunjang," ungkapnya dalam RDP, Senin, (15/03/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading