Mau Investasi Sambil Ibadah? Yuk Cek Instrumen SWR002

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
09 April 2021 20:33
[DALAM] Rupiah Sentuh 30.000

Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan baru saja membuka masa penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR 002. Melalui sukuk wakaf ini, masyarakat diharapkan bisa beribadah sekaligus berkontribusi dalam membangun negeri.

Implementasi CWLS juga merupakan wujud nyata upaya pengembangan dan inovasi di bidang keuangan syariah khususnya dalam investasi sosial di Indonesia. Pasalnya, imbalan dari investasi sukuk wakaf SWR002 akan akan disalurkan nazhir (pengelola dana dan kegiatan wakaf) untuk membiayai program pendidikan, sosial dan pemberdayaan ekonomi umat.

"Penyaluran imbalan akan dilakukan oleh Nazhir yang kredibel yang ditunjuk oleh Lembaga Keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan disetujui oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator dan pengawas Nazhir. Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan penyaluran dana imbalan CWLS, maka Nazhir wajib membuat laporan kepada BWI, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, dan wakif (pembeli CWLS)," tulis DJPPR dalam keterangan resminya, Jumat (09/04/2021).


Ada 9 Nazhir terpilih yang memiliki program sosial yang berbeda, mulai dari bantuan modal bagi UMKM, bantuan pendidikan, beasiswa bagi yatim dhuafa, hingga lumbung beras wakaf. Adapun sembilan Nazhir tersebut yakni, LazisNU, LazisMU, Baitulmaal Muamalat, Dompet Dhuafa Republika, Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Badan Wakaf Indonesia, Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, Wakaf Bangun Nurani Bangsa, dan Yayasan Global Wakaf.

Penerbitan CWLS Ritel seri SWR 002 menjadi salah satu pendukung Gerakan Nasional Wakaf Uang, untuk membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia. Adapun CWLS Ritel seri SWR002 dikelola berdasarkan prinsip syariah, dan telah serta telah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional (MUI).

SWR002 dapat didapatkan melalui mitra distribusi untuk sukuk wakaf ritel seperti PT Bank Syariah Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Bank CIMB Niaga Syariah, PT Bank Permata Syariah, PT Bank Mega Syariah, dan PT Bank Syariah Bukopin.


Sukuk wakaf ritel ini dapat dimiliki oleh wakif individu dan institusi, dengan masa penawaran 9 April - 3 Juni 2021, dengan minimal Rp 1 juta dan tidak ada nilai maksimal pembelian. CWLS Ritel seri SWR 002 memiliki tenor 2 tahun dan menawarkan tingkat imbalan tetap sebesar 5,57% per tahun.

Karakteristik dari sukuk wakaf ritel ini tanpa warkat dan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Dengan imbalan kupon 5,57% akan dibayarkan secara periodik, pada tanggal 10 setiap bulan kepada Nazhir untuk pembiayaan program sosial.

Pembayaran kupon pertama kali akan dilakukan pada 10 Juli 2021, dan tanggal jatuh tempo SWR002 ini pada 10 Juni 2023.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading