Proyeksi Broker

Kemarin Anyep, Gerak IHSG Hari Ini Berat Bung!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 March 2021 08:44
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (30/3/2021) akan bergerak melemah, setelah pada perdagangan Senin (29/3/2021) kemarin pasar saham dalam negeri ditutup melemah 0,46% ke 6.168,81.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan kabar baik luar negeri datang dari Presiden AS Joe Biden yang mengumumkan bahwa 90% dewasa akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin pada bulan April mendatang.

Kabar baik ini memberikan dorongan terhadap indeks Dow Jones di Wall Street untuk menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa karena akan mempercepat proses pemulihan.


Artha Sekuritas memprediksi IHSG bakal melemah. Secara teknikal pergerakan masih berada di trend bearish jangka menengah.

Pergerakan masih akan dibayangi fluktuasi harga minyak dunia serta harga komoditas lainnya yang mengalami koreksi. Dari dalam negeri masih minim sentimen terutama dari data ekonomi.

Reliance Sekuritas mengemukakan terjadi kenaikan imbal hasil (yield) Treasury Amerika Serikat lebih tinggi. Selain itu pasar saham AS ini juga dibebani oleh adanya forced block sales di Wall Street.

Selain itu, bank-bank termasuk Goldman Sachs Group Inc. dan Morgan Stanley melikuidasi kepemilikan di perusahaan Bill Hwang, Archegos Capital Management pada hari Jumat setelah gagal memenuhi margin call.

MNC Sekuritas menyebut IHSG akan menguji level 6.128-6.160 dan selama IHSG masih mampu bertahan di atas level 6.060, maka IHSG berpeluang untuk menguat kembali menguji 6.240-6.250 untuk membentuk wave (iv) dari wave [c] dari wave 2 pada skenario merah.

Hal tersebut berarti, penguatan IHSG akan relatif terbatas dan masih rawan terkoreksi untuk membentuk wave (v) dari wave [c] dari wave 2.

Hari ini indeks diperkirakan akan bergerak di kisaran support (batas bawah) 6.060 dan 5.735 serta resisten (batas atas) di 6.360 dan 6.400.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading