Diskon Gede! Karyawan Bisa Beli Saham Bank AGRO Murah Meriah

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 March 2021 16:40
BRI Agro (Dok. BRI Agro)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha Bank BRI, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) mengumumkan rencana pelaksanaan program management and employee stock option program (MESOP).

Melalui MESOP ini, karyawan BRI Agro dapat membeli harga saham perseroan lebih murah mulai 8,4% sampai dengan 24,8% dari harga pasar saat ini.

Mengacu pengumuman yang disampaikan manajemen BRI Agro, perseroan menyebut, program MESOP ini telah mendapat persetujuan dalam RUPS Luar Bisa pada 26 Juni 2018.


Periode pelaksanaan MESOP terhitung 30 hari sejak tanggal 1 April 2021, dengan harga pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, Rp 285 per saham, kedua, 295 per saham dan tahap ketiga Rp 100 per saham.

"Jumlah opsi yang dikonversi sebanyak-banyaknya 350 juta lembar saham," ungkap Direktur Utama BRI Agro, Ebeneser Girsang, dalam keterangannya, Rabu (24/3/2021).

Pada perdagangan Rabu ini, harga saham AGRO bergerak melemah 1,25% ke level Rp 1.185 per saham. Sejak awal tahun ini, harga saham perseroan mencatatkan kenaikan 14,49%. Pada penutupan perdagangan sore ini, saham AGRO ditutup minus 2,92% di posisi Rp 1.165/saham.

Berdasarkan data pemegang saham efektif sampai dengan 28 Februari 2021, saat ini saham AGRO dimiliki 87,1% oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan sisanya digenggam oleh pemegang saham publik 12,90%.

Sekadar informasi, perseroan saat ini sedang dalam tahapan pendaftaran kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi bank digital.

Rencana BRI mengantarkan BRI Agro menjadi bank digital sempat mengemuka belum lama ini. Direktur Utama BRI, Sunarso menyebut memang sedang menyiapkan BRI Agro menjadi bank digital BRI.

Apalagi, jika melihat peta persaingan neo bank, atau bank yang sepenuhnya digital dari bank-bank besar sudah mulai cukup marak. Sunarso menyebut, secara bisnis, BRI Agro saat ini dinilai sudah cukup baik, sehingga sewaktu-waktu bila mengubah model bisnis BRI Agro menjadi bank digital cukup memungkinkan. AGRO nantinya akan menjadi kendaraan bagi BRI untuk masuk ke bank digital.

"Tentang bisnis digital apakah nanti terkait dengan BRI Agro digunakan sebagai kendaraan untuk mengembangkan bisnis digital? Saya kira kita ada arah ke sana," kata Sunarso, Januari lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading