Crazy Rich RI Bakal Bertambah 67%, Mayoritas Beli Properti!

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
08 March 2021 13:35
Michael Bambang Hartono. (Detikcom/Rifkianto Nugroho)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan properti yang berbasis di London, Knight Frank, baru-baru ini melaporkan data bertajuk Knight Frank Wealth Report 2021 yang mengungkap kecenderungan investasi para orang kaya alias konglomerat (crazy rich) global.

Knight Frank, perusahaan yang memiliki 488 kantor di 57 negara dan teritori ini, juga membahas mengenai perspektif global terhadap investasi dan properti paling menggiurkan.

Dalam laporan ini, Knight Frank mengemukakan proyeksi pertumbuhan jumlah individual kaya atau high-net-worth-individual (HNWI) dan super kaya alias Ultra High Net Worth Individual (UHNWI) dalam 5 tahun ke depan.


Knight Frank menjelaskan dalam laporan soal 'syarat' seseorang bisa disebut crazy rich yang jumlahnya cuma 1% dari total populasi global ini tapi punya peran sentral dalam menentukan kondisi dan kinerja pasar.

Angka nominal para orang kaya ini berbeda untuk tiap-tiap negara. Monako, misal, negara super kaya dan super padat ini memiliki angka minimal paling tinggi untuk bisa disebut UHNWI. Warga Monako harus memiliki kekayaan US$ 7,9 juta atau setara Rp 110,6 miliar (asumsi kurs Rp 14.000/US$) untuk bisa masuk klub elite ini.

Negara Asia dengan limit terbesar untuk masuk klub elite ini adalah Singapura. Negara tetangga Indonesia adalah salah satu pusat ekonomi Asia dan dunia.

Dengan kekayaan US$ 2,9 juta atau setara dengan Rp 40,6 miliar penduduk Negeri Singa ini bisa masuk klub elite top ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Kekayaan minimal untuk bisa masuk klub elite ini tidak terlalu tinggi di Indonesia, mengingat Indonesia masih tergolong sebagai negara berkembang atau emerging country.

Indonesia bersama dengan India dan Filipina memiliki angka kekayaan minimum yang sama untuk masuk klub elite ini. Angka kekayaan minimal tersebut adalah US$ 60.000 atau setara dengan Rp 840 juta.

Dengan jumlah penduduk 270 juta, jika anda ingin masuk klub elite top 1% dari populasi, atau berisi sekitar 2,7 juta penduduk Indonesia ini, maka Anda harus memiliki kekayaan sejumlah Rp 840 juta.

NEXT: Sangat Kaya dan Super Kaya, Investasi Properti?

Sangat Kaya dan Utra Kaya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading