Ini Saham Mainan Baru Ritel Wall Street untuk Sikat Bandar

Market - Putra, CNBC Indonesia
03 March 2021 10:35
Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham perusahaan Rocket Companies (RKT) melesat lebih dari 70% pada penutupan perdagangan dini hari tadi di bursa Wall Street tanpa adanya sentimen atau berita yang jelas,

Saham perusahaan penyedia cicilan daring ini saat ini sedang banyak di jual kosong (short sell) oleh para hedge fund dan sepertinya sedang disukai oleh para trader di forum Reddit WallStreetBets (WSB).

Hampir 40% saham beredarnya dijual kosong dan masuk menjadi jajaran saham yang paling banyak dijual kosong menurut FactSet, dimana saham-saham seperti ini menjadi target para investor penjudi WSB yang memborong saham-saham ini untuk memaksa para hedge fund melakukan pembelian kembali di harga tinggi.


Saham RKT ditutup naik 71,19% ke level US% 41,60 per saham dan menjadi hari terbaiknya sejak pertama kali melantai di bulan Agustus 2020. Perdagangan sempat dihentikan berberapa kali karena alasan volatilitas saham.

Berberapa postingan yang populer di WSB Selasa kemarin menyebut-nyebut saham RKT salah satunya menyebut "Saya suka saham RKT, all-in (pembelian saham dengan seluruh uang) US$ 1,7 juta (Rp 24,3 miliar), ayo YOLO (you only live once)" dimana unggahan ini menarik lebih dari 1.700 komentar.

"Kami percaya fenomena ini diakibatkan oleh para investor ritel seperti yang sudah terjadi sebelumnya." Ujar analis Wells Fargo, Donald Fandetti Selasa kemarin.

"Kami mencatat perseroan memang berjalan ke arah yang lebih baik, akan tetapi tidak cukup baik untuk melesatkan sahamnya hingga setinggi ini, kami menganggap harga saham akan normal kembali ke level fundamentalnya meskipun tidak tahu kapan akan terjadi," tambahnya Fandetti.

Meskipun demikian masih menarik untuk dilihat apakah momentum pergerakan RKT bisa sekuat Gamestop (GME) karena dari kenaikan pertama tidak setinggi GME.

"Saham ini 38% dijual kosong ... ketika investor melihat ini mereka berpikir bisa memaksa para penjual kosong membeli kembali." Ujar Jim Cramer dari CNBC di acara Squawk on the Street.

Kenaikan saham RKT menunjukkan tanda-tanda bahwa ritel mania yang terjadi di saham GME bulan lalu masih menjadi sebuah faktor yang perlu diperhitungkan.

RKT sendiri baru saja melaporkan laporan keuangan tahunanya Selasa kemarin yang membuat berberapa analis Wall Street kagum. Wells Fargo bahkan sempat menaikan target harganya sedikit setelah sebelumnya sahamnya babak belur.


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading