Siang ini Vaksin Sinovac akan Mendarat Lagi di Soetta

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
02 March 2021 11:18
Kedatangan Vaksin Tahap Keempat, Bandara Internasional Soekarno Hatta, 2 Februari 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan hari ini Indonesia akan kembali kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd.

Menurut informasi yang disampaikan Tim Komunikasi Publik, vaksin virus Corona tersebut dijadwalkan akan tiba di Banda Soekarno Hatta, Cengakreng, Tangerang Banten siang ini pukul 12.16 WIB.

Belum disampaikan berapa dosis vaksin yang akan dikirim siang ini, namun menurut kabar yang beredar, jumlahnya diperkirakan mencapai 10 juta dosis dengan 3 juta di antaranya berupa produk jadi, sisanya berupa bahan baku.


"Keterangan pers pemerintah akan disampaikan oleh dr. Dante Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan," demikian informasi tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (2/3/2021).

CNBC Indonesia mencatat, sebelumnya pada Selasa, 2 Februari 2021 lalu, sebanyak 11 juta vaksin Sinovac. Sementara itu, PT Bio Farma (Persero) telah mengolah 25 juta bulk vaksin Sinovac di fasilitas fill and finished milik perusahaan.

Seluruh bulk vaksin yang telah diolah ini datang dari dua gelombang pengiriman pada Januari dan Februari 2021 lalu.

Untuk diketahui, 25 juta dosis vaksin ini masing-masing datang dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 15 juta dosis sudah tiba pada tanggal 12 Januari 2021, dan 10 juta dosis datang pada 2 Februari 2021 yang lalu.

Supply bulk vaksin COVID-19 dari Sinovac ini akan datang secara bertahap sebesar 140 juta dosis hingga akhir Juli 2021 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading