CNBC Indonesia Outlook 2021

Mau Beli Mobil? Tak Semua Nasabah BCA Bisa Dapat DP 0 Rupiah

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 February 2021 12:17
Direktur BCA, Haryanto Budiman dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengatakan tidak semua nasabah bisa menerima kebijakan uang muka (down payment/DP) nol persen untuk kredit kepemilikan kendaraan bermotor. 

Managing Director BCA Haryanto Budiman mengatakan meskipun ada relaksasi loat to value (LTV) dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pemulihan sektor otomotif, tapi perbankan juga harus memperhitungkan risiko pinjaman yang diberikan ke nasabah. 

"Kami sambut baik pengurangan PPnBM, itu bagus kami lihat peluang memberikan 0% DP kendaraan, tidak semua nasabah. Ada CKPN, loan at risk-nya rendah yang direvert kita nyaman beri ke mereka. Kita akan selektif, kita tumbuhkan kredit di konsumer lebih di tahun ini," kata Haryanto, di acara Economic Outlook CNBC Indonesia, Kamis (25/2/2021).


Haryanto juga menyampaikan, selama 2020 kredit korporasi BCA naik 7,7%, lalu kredit komersial turun 8%, KPR turun 3,7% dan paling parah penurunan KKB, anjlok 22%.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Haryanto mengatakan BCA telah mengakselerasi proses digitalisasi di perbankan. Hal ini didorong oleh permintaan masyarakat sesuai dengan perilaku the new normal.

"Ini menarik data kita transaksi cabang turun 25%, transaksi ATM turun 8%, mobile banking naik 50%. Mereka (masyarakat) malas pegang uang tunai," ujar Haryanto.

Pada dasarnya, tutur Haryanto, BCA telah melakukan berbagai inovasi digitalisasi perbankan sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah pembukaan rekening bank secara online.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading