Kacau Nih! Harga CPO Ambrol 5% Lebih dalam Seminggu

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 February 2021 09:30
Bongkar Muat Minyak Crude Palm Oil (CPO) (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) ambrol pada perdagangan pekan ini. Meski begitu, harga komoditas ini masih mencatatkan kenaikan yang impresif dalam sebulan terakhir.

Pada minggu ini, harga CPO di Bursa Malaysia anjlok 5,2% secara point-to-point. Harga yang sempat menembus di atas MYR 3.700/ton kini berada di kisaran MYR 3.500/ton.

Walau pekan ini terkoreksi signifikan, tetapi harga CPO bileh dikata masih menjalani tren kenaikan. Pasalnya, harga masih membukukan kenaikan 9,34% dalam sebulan terakhir.


Oleh karena itu, bisa jadi koreksi harga CPO pekan ini adalah semata aksi ambil untung (profit taking). Investor yang sudah 'kenyang' cuan dari CPO sedikit mencairkan keuntungan yang sudah didapat.

Selain itu, sepertinya penurunan harga CPO disebabkan oleh pasokan yang melimpah. AmSpec, perusahaan inspeksi independen, mencatat ekspor CPO Malaysia pada 1-20 Februari 2021 mencapai 697.794 ton. Melonjak 10,3% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Harga CPO yang lebih rendah juga berguna untuk menarik calon pembeli. Pasalnya, negara konsumen CPO utama seperti India masih dilanda kelesuan ekonomi. Harga yang lebih murah menjadi sarana untuk mendongkrak permintaan.

"Kondisi di pasar utama CPO belum pulih. Jika produksi masih tinggi, maka harga harus diturunkan untuk mendorong permintaan,"kata Anilkumar Bagani, Kepala Riset Sunvin Group yang berbasis di Mumbai (India), seperti dikutip dari Reuters.

Namun ke depan masih ada peluang harga CPO bakal naik lagi. Wang Tao, Analis Reuters, memperkirakan harga akan rebound ke kisaran MYR 3.525-3.600/ton.

cpoSumber: Reuters

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading