Umumkan Nama Direksi, Jokowi 'Pede' INA Jadi SWF Kelas Dunia!

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 February 2021 10:55
Jokowi di acara Pengenalan Dewan Pengawas dan Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi, 16 Februari 2021 (Youtube BPMI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan jajaran Dewan Pengawas dan Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) Indonesia atau Indonesia Investment Authority (INA). Jokowi optimistis INA akan menjadi Sovereign Wealth Fund (SWF) kelas dunia.

Keberadaan INA didasarkan pada Undang-undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan beberapa bulan lalu. Regulasi tersebut didukung oleh mayoritas partai di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dewan Pengawas diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sementara untuk posisi CEO diserahkan kepada Ridha DM Wirakusumah yang sebelumnya adalah Direktur Utama PT Bank Permata Tbk/BNLI.


"Dengan pondasi hukum dan dukungan politik yang kuat serta dewas dan direksi, saya yakin INA akan memperoleh kepercayaan internasional dan mampu membuat INA menjadi SWF kelas dunia," ungkap Jokowi di veranda Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Jokwi juga berharap semua instansi di negara ini memberikan dukungan penuh terhadap kebijakan INA. Sehingga bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya.

"Saya bersama jajaran pemerintah mengharapkan DPR BPK dan lembaga negara lain juga mendukung penuh gerak INA yang harus inovatif harus berani ambil keputusan out of the box, dengan tata kelola yang baik. Indonesia mempunyai alternatif pembiayaan untuk akselerasi menuju Indonesia maju," jelasnya.


Berikut Daftar Direksi LPI:

- Ridha DM Wirakusumah (Dirut PT Bank Permata Tbk/BNLI) sebagai CEO

- Stefanus Ade Hadiwidjaja (Managing Director of Creador) sebagai dewan direksi

- Eddy Porwanto (eks Dirkeu PT Garuda Indonesia Tbk/GIAA, dan Komisaris PT Delta Dunia Makmur Tbk/DOID), sebagai dewan direksi

- Marita Alisjahbana (Country Risk Manager Indonesia Citi) sebagai dewan direksi

- Arief Budiman (mantan Direktur Keuangan Pertamina) sebagai dewan direksi


[Gambas:Video CNBC]

(mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading