Mantap! Jokowi Bakal Perkenalkan Jajaran Dewan Direksi SWF

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 February 2021 08:30
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk., Istana Negara, 1 Februari 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (16/2/2021) akan memperkenalkan Keanggotaan Dewan Pengawas dan Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi (LP) atau Indonesia Investment Authority (INA).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Selasa (16/2/2021), Jokowi akan memperkenalkan struktur keanggotaan Dewan Pengawas dan Dewan Direksi LPI di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sumber CNBC Indonesia di lingkaran pemerintah menyebutkan, Direktur Utama PT Bank Permata Tbk (BNLI) Ridha DM Wirakusumah pada hari ini akan diperkenalkan Jokowi sebagai Direktur Utama LPI.


"Iya [Ridha Wirakusumah] Dirut LPI," kata sumber tersebut saat berbincang dengan CNBC Indonesia.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia berikut nama Dewan Direksi Sovereign Wealth Fund (SWF) ini:

- Ridha DM Wirakusumah (Dirut PT Bank Permata Tbk/BNLI) sebagai CEO

- Stefanus Ade Hadiwidjaja (Managing Director of Creador) sebagai dewan direksi

- Eddy Porwanto (eks Dirkeu PT Garuda Indonesia Tbk/GIAA, dan Direktur PT Delta Dunia Makmur Tbk/DOID), sebagai dewan direksi

- Marita Alisjahbana (Country Risk Manager Indonesia Citi) sebagai dewan direksi

- Arief Budiman (mantan Direktur Keuangan Pertamina) sebagai dewan direksi

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah melantik struktur keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI)di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pelantikan Dewan Pengawas LPI digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Prosesi pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut susunan Keanggotaan Dewan Pengawas LPI :

  • Menteri Keuangan sebagai Ketua merangkap Anggota
  • Menteri Badan Usaha Milik Negara sebagai Ketua merangkap Anggota
  • Darwin Cyril Noerhadi sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 - 2026
  • Yozua Makes sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 - 2025
  • Hariyanto sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 - 2024.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa jajaran direksi LPI atau SWF ini memang bakal diumumkan paling lambat pekan ini.

Saya harap minggu ini atau minggu depan kita bisa mengumumkan siapa BoD (board of directors/dewan direksi) yang akan urus kewenangan investasi," ucap Luhut di acara Mandiri Investment Forum 2021 Rabu (3/2/2021).

Pemerintah telah memutuskan untuk menaruh modal awal untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) sebesar Rp 75 triliun, di mana Rp 15 triliun berasal dari APBN 2020 dan sisanya Rp 60 triliun akan dilakukan dengan inbreng saham.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading