Ramalan Cuan: Asing Bakal Masuk RI Tahun Ini US$ 19,6 M

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
03 February 2021 16:38
FILE PHOTO: Logo of Indonesia's central bank, Bank Indonesia, as seen in Jakarta, Indonesia January 19, 2017. REUTERS/Fatima El-Kareem/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memperkirakan arus modal asing akan membanjiri pasar keuangan Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bank sentral menyebut arus modal asing yang masuk bisa mencapai US$ 19,6 miliar.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pagelaran Mandiri Investment Forum 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (3/2/2021). Perry meyakini, aliran dana asing akan lebih besar tahun ini.

"Kita lihat capital inflow akan lebih besar tahun ini, jadi overall balance pembayaran bisa surplus. Itu bisa mendukung penguatan rupiah. Portofolio yang masuk kita perkirakan US$ 19,6 miliar," kata Perry.


Perry mengatakan, angka yang diperkirakan bank sentral tersebut di luar dari investasi langsung para investor asing. Derasnya aliran modal, juga sejalan dengan terbentuknya Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

"Itu di luar FDI [foreign direct investment], di dorong dengan implementasi pemerintah dengan penerapan UU Ciptaker dan SWF," katanya.

BI sendiri memperkirakan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) pada tahun ini berada di kisaran -1% hingga -2%. Hal ini juga ditopang dari kinerja ekspor yang dianggap positif.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading