Dorong Energi Bersih, BRI & LEN Sepakati Pembiayaan PLTS Atap

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
21 January 2021 18:35
Foto: Dok DEN

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) bersama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Len Industri (Persero) menandatangani nota kesepahaman tentang pembiayaan dan pemasangan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS) Atap.

Ruang lingkup dari nota kesepahaman ini meliputi, koordinasi pelaksanaan program kegiatan bersama dalam pembiayaan PLTS Atap, pembiayaan dalam pemasangan Sistem PLTS Atap.

Lalu pelaksanaan penyediaan Sistem PLTS Atap, dan pelaksanaan pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan Sistem PLTS Atap.


Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan kerjasama ini akan mendorong implementasi energi lebih bersih. Menurutnya dengan pemasangan PLTS Atap akan mengurangi pembayaran listrik ke PLN setiap bulannya.

Djoko mencontohkan, tagihan listrik Rp 1,5 juta setiap bulannya jika dibarengi dengan pemasangan PLTS Atap maka akan mengurangi tagihan sekitar Rp 500 ribu. Sisa Rp 500 ribu yang biasa dibayarkan ke PLN bisa digunakan untuk membayar cicilan.

"Dukung target energi baru terbarukan (EBT) kita 2025 sebesar 23%. PLN sudah ada SK Menteri BUMN pasang seluruh solar cell di Kementerian BUMN. MoU ini jadi role model," ungkapnya, Kamis, (21/01/2021).

Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Jakarta I Rudhy Sidharta mengatakan BRI turut mendukung program EBT melalui bentuk pembiayaan yang fleksibel. Jangka waktu bisa disesuaikan sampai 15 tahun dengan suku bunga single digit 0,92%.

"Besarannya juga disesuaikan dengan biaya pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atap, karena BRI lembaga keuangan kita hanya akan support dari sisi pembiayaan," tuturnya.

Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri Linus Andor Mulana Sijabat mengatakan dari sekitar 150 PLTS yang ada di Indonesia sebanyak 40%-nya adalah dipasang oleh pihak LEN. Menurutnya LEN sudah konsisten sejak tahun 1990-an berkecimpung di PLTS.

PT Len Industri menugaskan anak perusahaan PT Len Agra Energi dalam konstruksi PLTS Atap.

"Berdasarkan survey yang dilakukan di Jakarta dan Surabaya masyarakat tidak masalah dengan rooftop, yang masalah adalah paket financingnya," tuturnya. 


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading