Erick Ungkap Alasan Kenapa Saham BUMN Bisa Terbang

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 January 2021 14:53
Komisi VI DPR RI Rapat kerja dengan meneteri BUMN dan Bio Farma. (Tangkapan layar TV Parlemen)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan harga saham perusahaan pelat merah mendapat apresiasi dari investor di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bahkan kinerja saham BUMN melebihi saham-saham likuid yang masuk dalam Indeks LQ45.

"Alhamdulillah kemarin saham-saham BUMN sendiri sangat positif di bursa, yang tidak lain karena dua hal. Satu, GCG [Good Corporate Governance] yang sangat terbuka. Kedua kita melakukan project masa depan," ungkap Erick di hadapan anggota Komisi VI DPR RI, Rabu (20/1/2020).

Proyek masa depan yang disampaikan Erick tersebut yaitu, membangun industri baterai mobil listrik (Electric Vihicle/EV Batteray). Seperti diketahui, proyek mobil listrik tersebut telah membuat harga nikel dunia melesat.


Kenaikan harga nikel tersebut, membuat harga saham produsen nikel pelat merah melesat ratusan persen. Saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dalam 6 bulan ini sudah naik 385%, demikian pula saham PT Timah Tbk (TINS) dalam periode yang sama melesat 246%.

Selain itu, saham-saham BUMN lainnya kinerjanya memang lebih tinggi dibandingkan saham lain yang tercatat di BEI.

Berdasarkan data BEI, kinerja indeks BUMN20 secara year to date tercatat naik 8,26%. Sementara itu, pada periode yang sama kinerja indeks LQ45 hanya menguat 5,79%.

"Ini pertama kalinya saham BUMN lebih tinggi dari pada LQ45 in hal yang saya rasa positif apresiasi dari pasar secara langsung," kata Erick.

Selain itu, kata Erick, Bank BUMN juga melakukan sinergi untuk penyaluran kredit ultra mikro. Dan dalam waktu dekat akan dilakukan penggabungan tiga bank syariah dan akan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading