Vaksinasi Tahap I Mulai, IHSG Resmi Ditutup di Atas 6.400

Market - Putra, CNBC Indonesia
13 January 2021 15:40
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangansesi pertama Rabu(13/1/21) ditutup hijau 0,62% ke level 6.435,20.

Pasar kembali optimis dengan divaksinya Presiden RI, Joko Widodo pada hari ini meskipun IHSG sempat jatuh sejenak ke zona merah akibat aksi ambil untung investor.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksibelibersih sebanyak Rp997miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp24,17triliun.243 saham terapresiasi, 244 saham koreksi, sisanya 143 stagnan.


Tercatat asing melakukan jual bersih di saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) sebesar Rp 2miliar dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) senilai Rp 47miliar.

Asing juga melakukan beli bersih (net buy) di saham PT Astra Internasional Tbk (ASII) Rp162miliar dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 647 miliar.

Sentimen terkait vaksin Covid-19 masihmenjadi faktor utama penggerak pasar. Setelah BPOM memberikan lampu hijau penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Rabu 13 Januari 2021 menjadi orang pertama Indonesia yang divaksinasi vaksin Covid-19. Vaksinasi akan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta.

Berdasarkan pemantauan CNBC Indonesia melalui live streamingyang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021), Jokowi sudah mulai menjalani serangkaian vaksinasi di Istana Merdeka.

Setidaknya ada empat tahapan yang akan dilalui Jokowi, mulai dari klasifikasi data, melakukan serangkaian tes kesehatan, penyuntikan vaksin, serta kartu tanda suntik vaksin Covid-19.

Jokowi yang mengenakan kemeja lengan pendek lengkap dengan masker, diperiksa oleh petugas vaksinasi. Jokowi langsung melakukan serangkaian tes kesehatan yang mencakup tensi darah serta riwayat kesehatan terkini.

"Sudah lama saya nggak periksa," kata Jokowi berkelakar di depan petugas.

Setelah petugas mengetahui riwayat kesehatan Jokowi, kepala negara kemudian bergeser ke meja sebelah untuk menjalani serangkaian penyuntikan vaksin. Proses penyuntikan vaksin pun berlangsung tidak sampai 3 menit.

Pasca disuntik, Jokowi kemudian mendapatkan kartu tanda suntik vaksin. Kemudian, Jokowi kembali bergeser ke meja sebelah untuk menyampaikan laporan kepada petugas vaksinasi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, saat ini Jokowi tengah menunggu di ruang tunggu selama 30 menit untuk memastikan tidak muncul gejala pasca penyuntikan vaksin.

"Setelah selesai disuntik, beliau sedang menunggu 30 menit untuk memastikan tidak ada atau apabila muncul gejala atau reaksi alergi yang tidak diinginkan dari penyuntikan vaksin," jelasnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading