Artis Hingga Influencer Pom-pom Saham, Jebakan Batman?

Market - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
12 January 2021 14:52
Raffi Ahmad - Ari Lasso (Instagram)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini tengah maraknya fenomena influencer memberikan rekomendasi saham melalui media sosialnya.

Direktur Utama PT Maybank Kim Eng Sekuritas, Wilianto Lee mengatakan bahwa ini merupakan fenomena baru. Namun hal ini merupakan sebuah hal menguntungkan untuk pertumbuhan pasar modal.

"Kalau banyak influencer atau endorsement yang rekomendasi beli saham kita itu happy-happy saja. Sebab itu akan membantu pertumbuhan pasar modal di Indonesia," kata Wilianto Lee dalam program acara Investime di CNBC Indonesia, Senin, 11 Januari 2021.


Dia menuturkan bahwa ini juga membantu agar semua orang yang berinvestasi di saham mengerti bahwa berisiko. Namun sebenarnya ini adalah join bisnis terhadap pemilik perusahaan yang ada di bursa saham ini.

Lantas apakah rekomendasi para influencer itu bisa dipertanggung jawabkan? Lee mengaku belum tentu.

Namun adanya influncer dan endorsement sejatinya dapat membantu wawasan tentang investasi pasar modal.

Lee pun mengingatkan bagi para investor harus bersikap hati-hati dalam melakukan setiap transaksi saham. Ini mengingat rekomendasi saham yang dilakukan sejumlah publik figure tersebut bisa saja salah.

"Hal itu kembali lagi pada diri sendiri baik untuk membeli atau tidak. Kita yang menentukan, menilai dan memutuskan," paparnya.

"Sama seperti semua iklan kita yang memutuskan tidak ada paksaan tapi kembali lagi ke kita melihat analisis dan tahu prospek. Prinsipnya, jangan membeli kucing dalam karung agar tidak menyesal," tambah ia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading