Perdagangan Saham ADHI Dibuka, BEI Suspensi 2 Saham Lagi!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
22 December 2020 10:30
gedung adhi

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencabut penghentian sementara perdagangan saham emiten konstruksi BUMN, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) di pasar reguler dan pasar tunai.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan, BEI menghentikan sementara perdagangan saham (suspensi) dua emiten lainnya yakni PT Indosterling Tehcnomedia Tbk (TECH) dan PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) karena terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan sehingga perlu adanya cooling down.

Pembukaan perdagangan ADHI dimulai pada sesi I, Selasa (22/12) ini, sementara suspensi bagi TECH dan ZBRA juga dimulai pada awal sesi I ini.


Mengacu pengumuman bursa No: Peng-SPT-0047/BEI.WAS/12-2020, yang disampaikan Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M. Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan, Irvan Susandy, pencabutan suspensi saham ADHI dilakukan sejak sesi pertama hari ini.

"Dengan ini diumumkan suspensi atas perdagangan saham PT Adhi Karya di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali," kata Lidia dalam suratnya, dikutip Selasa (22/12/2020).

Sebelumnya, otoritas bursa mengumumkan menghentikan sementara perdagangan saham ADHI pada Jumat, 18 Desember lalu.

Suspensi itu diberikan, bersama dua emiten lainnya, yakni PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) dan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO), ketiga emiten tersebut sahamnya disupensi pada perdagangan Senin, 21 Desember 2020 di pasar reguler dan pasar tunai.

Suspensi itu dilakukan otoritas bursa karena terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada ketiga saham tersebut.

"Penghentian sementara perdagangan saham tersebut dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasi," tulis Lidia, dalam surat yang diterbitkan Jumat, 18 Desember 2020.

Meski saham ADHI sudah diperdagangkan kembali, pada Selasa ini, sahamnya bergerak melemah 3,03% ke level Rp 1.600 per saham. Jika dilihat dalam sepekan terakhir, saham ADHI terkoreksi 25%, sedangkan, sejak awal tahun melemah 36,17%.

Data BEI mencatat, saham TECH dalam sepekan terakhir sudah naik 72,04%, sedangkan dalam sebulan terakhir, sahamnya naik 407,94%. Hal senada juga terjadi pada saham Zebra Nusantara. Saham ZBRA sepekan terakhir terkerek 101,33%. Sejak sebulan terakhir, sahamnya naik 202%.

Oleh karena itu, BEI meminta pihak yang berkepentingan selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading