Disenggol Mansurmology, Saham Konstruksi Gila-gilaan!

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
21 December 2020 14:38
Ustaz Yusuf Mansur/Dok Instagram @yusufmansurnew

Jakarta, CNBC Indonesia Harga saham emiten-emiten sektor konstruksi Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) kembali melesat pada perdagangan hari ini setelah ustaz kondang Yusuf Mansur, Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur'an, dan juga pemilik perusahaan aset manajemen PT Paytren Aset Manajemen (Paytren), menyinggung kembali saham-saham sektor konstruksi, khususnya BUMN.

Selain itu, YM, panggilan akrabnya menyebut salah satu sentimen saham konstruksi adalah terbentuknya dana abadi (sovereign wealth fund) atau Indonesia Investment Authority (INA) yang akan memberikan dorongan proyek-proyek infrastruktur.

Data BEI mencatat, pada penutupan perdagangan sesi pertama ini, saham PT Wikaya Karya Tbk (WIKA) dan PT PP (PTPP) berhasil ditutup menghijau. PTPP berhasil melesat 6,78% sedangkan WIKA berhasil loncat 5,56%.


Kedua saham juga diperdagangkan dengan nilai transaksi yang fantastis yakni Rp 211 miliar untuk PTPP dan Rp 196 miliar untuk WIKA.

Saham PT Waskita Karya (WSKT) juga berhasil melesat meski tidak sebut oleh sang ustaz. Tercatat WSKT naik 2%, bahkan perdagangan WSKT tergolong lebih ramai dibanding kedua saham yang disebutkan oleh sang ustaz di angka Rp 299 miliar.

Sedangkan saham BUMN Karya lain yakni PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sahamnya terpaksa disuspensi oleh bursa sehingga tidak dapat diperdagangkan karena sudah melesat kencang beberapa pekan terakhir.

Tercatat sepekan kemarin saham ADHI berhasil loncat 27,41%. Bahkan sebulan lalu saham ini sudah melesat 79,35%.

Dalam unggahan terbarunya, ustaz yang membantah melakukan pom-pom alias goreng saham ini menyebut PTPP dan WIKA.

"Buat besok pagi [Senin 21/12/2020]. Hehehe. PTPP dan WIKA. Bismillaah aja," katanya, dikutip dalam Instagramnya, @yusufmansurnew, Minggu (20/12/2020).

Sebelumnya, YM, panggilan akrabnya juga menyebut saham WIKA dan PTPP dengan adanya sentimen pendirian dana abadi Sovereign Wealth Fund (SWF) yang didirikan oleh pemerintahan Joko Widodo.

"Buat Senen insyaaAllah. Pasar bergairah sbb SWF. Bentar lagi negara nyari jagoan2 investasi SWF. Cari tau yaaa... Ilmu nih...," kata YM yang ikut menyebut analisisnya, Mansurmology ini.

 

[Gambas:Instagram]



TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading