Tutup 33 Gerai KFC, FAST Rupanya Mau Bangun Gerai Taco Bell

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 December 2020 17:15
KFC Taco bell

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan restoran cepat saji PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) merencanakan untuk membuka gerai untuk brand baru miliknya, Taco Bell. Namun, pembukaan gerai baru ini menunggu potensi pasar dari yang akan di-review dari saat gerai yang dibuka mulai bulan ini.

Berdasarkan bahan paparan perusahaan, Taco Bell merupakan brand baru di Indonesia saat ini. Namun perusahaan telah mempersiapkan rencana ekspansi untuk restoran makanan Meksikonya ini.

"Rencana gerai Taco Bell akan dibuka pada bulan Desember 2020. Untuk rencana membuka gerai lagi kami menunggu growth potential dari Taco Bell ini karena Taco Bell merupakan brand baru yang beredar di masyarakat di Indonesia. Namun, kami tetap memiliki rencana untuk ekspansi setelah melihat performance dari gerai Taco Bell pertama tersebut," tulis manajemen, dikutip Jumat (18/12/2020).


Untuk rencana ekspansi tahun depan, telah mempersiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp 300 miliar-Rp 350 miliar. Mayoritas investasi ini akan di bidang teknologi.

Selain itu, perusahaan juga masih berencana untuk melakukan ekspansi pembukaan gerai KFC baik fisik maupun dalam bentuk mobile catering. Rencana ekspansi ini sebenarnya telah dipersiapkan untuk dilakukan di tahun ini, namun akibat adanya pandemi rencana ekspansi ini terpaksa ditunda terlebih dahulu.

"Di tahun depan kalau pandemi ini sudah selesai, kami akan merencanakan penambahan di beberapa pulau untuk melakukan potential site dan juga potential market," terang perusahaan.

Rencana ekspansi di tahun depan pun juga didukung dengan target penjualan perusahaan yang mencapai Rp 7 miliar. Dengan nilai pendapatan tersebut, perusahaan optimis kembali bisa mencetak laba.

Namun demikian, sebagaimana diketahui tahun ini telah dilakukan penutupan sementara sebanyak 33 gerai KFC. Penutupan ini merupakan dampak tak beroperasional maksimalnya lokasi dimana gerai perusahaan berdiri.

Penutupan ini sebagian besar dilakukan di transit point seperti bandara atau stasiun dan area properti dimana gerai KFC berada.

Hingga September 2020 lalu, perusahaan masih mencatatkan rugi bersih perusahaan mencapai Rp 153,82 miliar. Kinerja ini jauh memburuk dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang masih positif sebesar Rp 157,52 miliar.

Kerugian ini disebabkan karena turunnya pendapatan perusahaan secara tahunan (year in year/YoY) sebesar 25,40% menjadi Ro 2,51 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 3,37 triliun di akhir kuartal ketiga tahun lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading