Transaksi E-Commerce Tembus Rp 70 T, 42% Pakai Uang Digital

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 November 2020 13:13
(Ilustrasi : Freepik.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menyebutkan transaksi menggunakan uang digital dalam berbelanja online terus meningkat sepanjang tahun ini.

Hingga kuartal ketiga tahun ini, tercatat transaksi menggunakan uang digital pada transaksi e-commerce mencapai 42% dibanding dengan transaksi menggunakan platform pembayaran lainnya.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan transformasi penggunaan uang digital dalam masa pandemi ini terus mengalami peningkatan, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk transaksi digital. Juga didukung oleh kondisi pandemi yang membuat masyarakat mengurangi transaksi secara fisik.


"Peningkatan transaksi tersebut juga diikuti dengan transformasi pembayaran dari menggunakan transfer bank ke alat pembayaran lainnya, termasuk penggunaan uang elektronik," kata Destri dalam webinar, Rabu (25/11/2020).

Tercatat hingga triwulan III-2020, pembayaran e-commerce menggunakan uang elektronik mencapai 42% dari total pembayaran, meningkat dibandingkan dengan tahun 2017 yang baru mencapai 11%.

Besaran transaksi menggunakan uang digital ini hampir setengah dari total nominal transaksi e-commerce hingga kuartal ketiga 2020 yang sebesar Rp 70 triliun.

Transaksi e-commerce ini juga naik dari periode yang sama tahun sebelumnya yang baru mencapai Rp 60 triliun.

"Dengan digitalisasi yang berlanjut, maka transformasi penggunaan alat pembayaran diperkirakan juga akan berlanjut termasuk untuk penggunaan uang elektronik," imbuhnya.

Sebelumnya dalam forum Fintech Nasional (PFN) 2020, Gubernur BI, Perry Warjiyo pun menegaskan soal digitalisasi ini.

"Digitalisasi, merupakan salah satu kunci sumber pertumbuhan ekonomi ke depan. Selaras dengan transformasi digital yang digagas oleh Presiden RI, BI pada tahun 2019 memulai transformasi digital pada sistem pembayaran dengan meluncurkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, yang sekarang telah mengalami kemajuan yang luar biasa dengan inisiatif-inisiatif," kata Perry.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading