Transisi Politik AS Dimulai, Bursa Eropa Dibuka Menghijau

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
24 November 2020 15:45
The German share prize index DAX board is photographed early afternoon on the day of the Brexit deal vote of the British parliament in Frankfurt, Germany, January 15, 2019. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa menguat pada sesi awal perdagangan Selasa (24/11/2020), menyambut kabar vaksin Covid-19 AstraZeneca juga membuahkan hasil memuaskan dan mulai berlangsungnya transisi politik di Amerika Serikat (AS).

Indeks Stoxx 600, yang berisi 600 saham unggulan di Eropa naik 0,7% di awal perdagangan dengan indeks saham sektor minyak dan gas kompak menguat 2,4% memimpin reli di tengah kenaikan seluruh indeks sektoral.

Setengah jam kemudian reli indeks Stoxx menjadi 3 poin (+0,77%) ke 391,84. Indeks DAX Jerman naik 111,75 poin (+0,85%) ke 13.238,72 dan CAC Prancis tumbuh 59,4 poin (+1,1%) ke 5.551,59. Di sisi lain, indeks FTSE Inggris menguat 46,5 poin (+0,7%) ke 6.380,3.


Bursa Eropa mengekor arah pergerakan konrtak berjangka (futures) indeks saham AS yang naik pada Senin setelah AstraZeneca menyatakan bahwa rerata efikasi vaksinnya mencapai 70%. Kabar tersebut menimpali hasil positif pengembangan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Kenaikan pasar futures indeks saham AS juga terjadi setelah Kepala Lembaga Layanan Umum Emily Murphy berkata kepada presiden terpilih Joe Biden bahwa pemerintahan Trump menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk keperluan transisi di Gedung Putih.

Murphy menyatakan keputusan untuk menindaklanjuti kemenangan Biden berminggu-minggu setelah pemilihan presiden (pilpres) pada 3 November. Presiden AS Donald Trump dalam cuitannya mengaku bahwa dia menyetujui langkah tersebut.

Keputusan Biden yang menunjuk mantan Ketua The Fed Janet Yellen untuk menjadi Menteri Keuangan juga mendorong sentimen positif di kalangan investor. Jika Senat menyetujui, Yellen akan menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut di AS.

Pemodal hari ini hanya akan memantau kabar ekonomi dari Jerman, mengenai rilis survei iklim bisnis oleh Ifo Institute di tengah sepinya jadwal rilis data ekonomi dan kinerja keuangan emiten. Di pasar, saham Rolls-Royce naik lebih dari 7%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading