Siap-siap IHSG Tembus 5.700, Dicek Dulu Kak Saham Pilihan Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 November 2020 08:45
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir di teritori positif pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/11/2020). IHSG ditutup menguat 1,45% ke level 5.652,76 poin dengan nilai transaksi Rp 12,18 triliun dan frekuensi 978.411 kali.

Adapun, pelaku pasar asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp 325,22 miliar.

Saham-saham yang banyak ditransaksikan kemarin antara lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI).


Sebelum memulai perdagangan Selasa ini (24/11/2020) simak rekomendasi saham pilihan dari sejumlah broker yang dirangkum CNBC Indonesia:

MNC Sekuritas - IHSG Uji Level 5.700

IHSG tampaknya berpeluang melanjutkan penguatannya Selasa ini dan mencoba mencapai level 5.700 seiring penguatan indeks Dow Jones sebesar 1,12% didorong satu lagi keberhasilan uji coba vaksin Covid19 yang mencapai 90% yakni: emiten farmasi AstraZeneca mengikuti jejak 2 emiten farmasi sebelumnya yakni Pfizer dan Moderna serta pencalonan Janet Yellen menjadi Menteri Keuangan AS oleh Joe Biden.

Saham pilihan:

PTPP

AMRT

WSBP

SAMF

Reliance Sekuritas - Efektivitas Vaksin AstraZeneca

Kabar baik datang Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh University of Oxford dan AstraZeneca yang efektif mencegah sebagian besar orang terkena penyakit dalam percobaan besar dan peluncurannya dapat dimulai bulan depan.

Vaksin tersebut menghentikan rata-rata 70% peserta dari jatuh sakit, analisis awal dari data menunjukkan. Efektivitas meningkat hingga 90% untuk salah satu dari dua rejimen, mendekati standar tinggi yang ditetapkan oleh Pfizer Inc. dan Moderna Inc.

Secara sentimen, pergerakan IHSG hari ini berpotensi menguat terbatas karena aksi ambil untung membayangi pergerakan pasar. Di sisi lain, optimisme bursa regional menyambut berita positif vaksin menjadi katalis positif untuk IHSG.

Saham pilihan:

ADRO

BMRI

JSMR

SCMA

Mega Capital Sekuritas - Net Buy Asing Angkat IHSG

Aksi investor asing memborong saham domestic dengan posisi net buy sebesar Rp 325.2 miliar menjadi katalis positif bagi pasar saham Indonesia yang mendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan pada Senin kemarin.

Di sisi lain, dari dari dalam negeri Kabar Presiden Jokowi akan mengundangkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Mineral dan Batu bara (Minerba) paling lambat akhir bulan ini membuat saham emiten batu bara mencatatkan kenaikan. Beberapa pokok penting dalam RPP Minerba tersebut antara lain terkait kewenangan penerbitan izin, pengaturan luas wilayah IUP, perpanjangan PKP2B menjadi IUPK dan kebijakan nilai tambah mineral dan batu bara.

Saham pilihan:

EXCL

BRPT

TBIG

INTP

Binaartha Sekuritas - IHSG Melanjutkan Penguatan

Berdasarkan rasio fibonacci, support (batas bawah) maupun resistance (batas atas) IHSG berada pada level 5.621,52 hingga 5.695,53. Sementara itu, berdasarkan indikator, MACD, Stochastic maupun RSI masih menunjukkan sinyal positif. Terlihat pola long white body candle yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

Saham pilihan:

TPIA

HEAL

DSNG

LINK


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading