Erick Thohir Tunjuk Eks Bos RNI Jadi Dirkeu Pupuk Indonesia

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 November 2020 14:42
PT Pupuk Indonesia (Dok. pupuk-indonesia.co.id) Foto: PT Pupuk Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perubahan susunan direksi PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Len Industri (Persero). Perubahan itu berkaitan satu sama lainnya.

Berdasarkan siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, melalui SK -377/MBU/11/2020, Kementerian BUMN mengangkat Eko Taufik Wibowo sebagai Direktur Keuangan dan Investasi Pupuk Indonesia menggantikan Indarto Pamoengkas. Sebelumnya, Eko merupakan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Selain itu, melalui keputusan tersebut Menteri BUMN juga mengangkat kembali Gusrizal sebagai Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan, segenap keluarga besar Pupuk Indonesia mengapresiasi kinerja Indarto Pamoengkas yang telah menjabat dengan dedikasi dan integritas yang tinggi selama menjabat posisi Direktur Keuangan dan Investasi, sehingga mampu membawa perusahaan terus berkembang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih yang diberikan Bapak Indarto Pamoengkas selama bertugas memangku jabatan Direktur Keuangan dan Investasi. Dan semoga perubahan ini semakin membawa kemajuan bagi perusahaan," kata Wijaya.

Adapun susunan lengkap jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai berikut:

- Direktur Utama: Bakir Pasaman
- Wakil Direktur Utama: Nugroho Christijanto
- Direktur Produksi: Bob Indiarto
- Direktur Keuangan dan Investasi: Eko Taufik Wibowo
- Direktur Transformasi Bisnis: Panji W. Ruky
- Direktur SDM & Tata Kelola: Winardi
- Direktur Pemasaran: Gusrizal



Usai hijrah PT Pupuk Indonesia, Indarto ditetapkan Direktur Keuangan dan SDM menggantikan Priadi Ekatama Sahari. Penetapan tersebut disahkan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-376/MBU/11/2020 yang dilaksanakan secara online, pada Kamis (19/11/2020).

Seperti dijelaskan di awal, Indarto sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Pupuk Indonesia (Persero) selama lima tahun terhitung dari Desember 2015, serta Senior Vice President di PT Bank Mandiri dari September 2000 hingga Desember 2015.

Indarto Pamoengkas dinilai telah matang sebagai pengatur strategi keuangan perusahaan holding. Pupuk Indonesia yang ia kelola dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan secara signifikan, serta menjadi "Trusted Company" dalam tata kelola perusahaan tahun 2018. Ia juga pernah menerima Penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer 2017 dari Majalah SWA pada 3 tahun lalu.

"Kementerian BUMN mengambil keputusan dan penetapan ini sebagai upaya memperkuat peran Len Industri memimpin kolaborasi antar BUMN di lingkup BUMN Sub-Klaster Industri Pertahanan (Indhan) dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan nasional," tulis rilis Len Industri.

"Pembentukan Holding BUMN Indhan yang kini masih berjalan memiliki tujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan perekonomian industri pertahanan dalam negeri agar menjadi lebih maju, kuat, mandiri dan berdaya saing."

Melalui penetapan tersebut, susunan direksi PT Len Industri per Kamis (19/11/2020):

Zakky Gamal Yasin sebagai Direktur Utama
Linus Andor Mulana Sijabat sebagai Direktur Operasi I
Adi Sufiadi Yusuf Abdurrajak sebagai Direktur Operasi II
Indarto Pamoengkas sebagai Direktur Keuangan dan SDM.

"Dengan susunan direksi yang baru tersebut, PT Len Industri semakin siap untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya, sehingga dapat turut berkontribusi memperkuat sektor industri pertahanan, transportasi kereta, energi baru terbarukan, serta ICT dan navigasi di Indonesia," tulis rilis Len Industri.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading