Walau Hari Ini Rupiah Melemah, Yakinlah Itu Fana Belaka!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 November 2020 09:09
Suasana Kawasan penukaran uang lusuh di Area Gedung Bank Indonesia,  Jakarta,  Kamis (1/2/2018). CNBC Indonesia/Muhammad Sabki Ilustrasi Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot pagi ini. Sepertinya investor belum puas melepas rupiah dan meraup keuntungan yang memang lumayan besar.

Hari ini, Jumat (20/11/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.140 kala pembukaan pasar spot. Sama persis dibandingkan posisi hari sebelumnya atau stagnan.

Namun tidak lama kemudian rupiah masuk jalur merah. Pada pukul 09:05 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.150 di mana rupiah melemah 0,07%.


Kemarin, rupiah mengakhiri perdagangan pasar spot dengan pelemahan 0,64% di hadapan dolar AS. Rupiah sudah melemah dua hari beruntun, dan dalam dua hari tersebut depresiasi mata uang Ibu Pertiwi adalah 0,78%.

Meski melemah dalam dua hari beruntun, menjual rupiah masih bisa memberikan keuntungan. Apalagi buat investor yang memegang rupiah sejak awal kuartal IV-2020.

Sebab sejak awal kuartal IV-2020 hingga kemarin, rupiah masih menguat 4,72% di hadapan greenback. Wow...

Oleh karena itu, rupiah masih rawan terserang tekanan jual. Ketika investor merasa sudah saatnya mencairkan cuan, maka tekanan itu akan datang dan rupiah pun melemah.

Fundamental Rupiah Kian Kokoh
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading