Terungkap Ini Alasan Kaesang Mau Bawa Sang Pisang dkk IPO

Market - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 November 2020 14:22
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi bagian dari e-Sport. (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kaesang Pangarep, putera bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membawa perusahaan miliknya untuk masuk dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum saham perdana atau IPO (initial public offering).

Kaesang menyampaikan rencana itu akan dilakukan, tapi lewat IPO versi mini. Rencana ini dilakukan untuk membesarkan merek UMKM di bawah GK Hebat miliknya.

Kaesang akan memulai IPO mini ini lewat Enigma yang merupakan salah satu bisnisnya yakni platform edukasi berupa pelatihan programming.


"Benar ada rencana itu. Nanti itu fungsi ke Enigma dan kami ingin buatkan sebut saja mini IPO. Katakanlah aset Sang Pisang enggak bisa IPO jadi kami ingin pengusaha menjual saham mereka masuk bursa," kata Kaesang saat acara Webinar Series 82 Tahun Sinar Mas, Kamis (12/11/2020).

Dia mengatakan bahwa selama ini kendala para UMKM adalah pendanaan. Kendati demikian, rencana IPO bisnis Kaesang tersebut masih dalam tahap diskusi.

Pria 26 tahun ini pun berharap agar masyarakat bisa membeli saham perusahaan untuk membantu para UMKM mengembangkan bisnisnya.

"Sebenarnya Enigma sebagai aplikasi buat para UMKM agar dapat pendanaan masyarakat kalau masuk bursa efek jumlah aset masih jauh makanya lagi diusahakan ngomong institusi terkait agar melakukan mini IPO," papar dia.

Sebelumnya di Twitter, Kaesang juga menyampaikan hal yang sama soal IPO ini.

"Tunggu tahun depan ya. Doakan semua brand di bawah @hebatofficial bisa dibeli sahamnya oleh masyarakat," tulis Kaesang di akun Twitternya.

Akun @hebatofficial merupakan akun twitter resmi milik PT Harapan Bangsa Kita atau Hebat.

Perusahaan ini merupakan induk usaha dari bisnis food and beverageyang dijalankan Kaesang. Brand makanan tersebut antara lain, Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, Let's Toast and Enigma Camp.

Selain itu, melalui perusahaan ini Kaesang membuka kemitraan bisnis untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).


Sebagai informasi, BEI menyediakan Papan Akselerasi, yang akan mengakomodasi perusahaan-perusahaan startup untuk masuk pasar modal dengan aset terbatas. Papan baru ini menambah papan perdagangan sebelumnya yakni Papan Utama dan Papan Pengembangan.

Sebelumnya ada perusahaan bergerak di bisnis properti, akomodasi dan manajemen perhotelan, PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN) sudah resmi sudah mencatatkan saham di Papan Akselerasi BEI, Selasa, 15 September 2020 dan  perusahaan rintisan PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading