Internasional

Cek! Ini 10 Mata Uang Terkuat di Dunia

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 November 2020 07:40
Sample polymer five and ten GB pound banknotes are seen on display at the Bank of England in London September 10, 2013. REUTERS/Chris Ratcliffe/pool

5. Pound Sterling Inggris (GBP)
 
Kebanyakan orang menganggap bahwa Pound Inggris adalah mata uang dunia terkuat, tetapi rupanya GBP berada di posisi kelima. Koloni Inggris mengeluarkan uang kertas mereka sendiri, yang secara visual berbeda dari uang kertas yang dikeluarkan oleh Bank of England, tetapi nilainya 1 per 1.

Karenanya, ada beberapa Pound Sterling di antaranya: Skotlandia, Irlandia Utara, Manx, Jersey, Guernsey, Pound Gibraltar, serta Pound Pulau St. Elena dan Pound Kepulauan Falkland. Namun yang mengherankan, penduduk asli Inggris tidak selalu ingin menerima Pound "lain" sebagai alat pembayaran.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Kepulauan Cayman adalah salah satu surga pajak terbaik di dunia. Pulau-pulau ini memberikan izin bagi ratusan bank, hedge fund, dan perusahaan asuransi. Berkat kepemimpinannya di antara surga pajak, dolar Kepulauan Cayman berharga sekitar 1,22 USD.

7. Euro Eropa (EUR)

Mata uang Euro telah menguat selama beberapa tahun terakhir. Ini memungkinkannya masuk ke dalam daftar mata uang paling kuat. Kekuatannya muncul karena ini adalah mata uang dunia resmi di negara-negara Eropa.

Selain itu, Euro adalah cadangan mata uang dunia kedua yang mencakup 22,2% dari seluruh tabungan dunia, sementara dolar AS memiliki 62,3%.

Mata Uang Dolar, Peso, Euro (AP)Foto: Mata Uang Dolar, Peso, Euro (AP)
Mata Uang Dolar, Peso, Euro (AP)



8. Franc Swiss (CHF)

Swiss bukan hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga termasuk yang paling stabil. Sistem perbankannya telah lama dikenal dengan "Kerahasiaan Bank" yang tegas. Selain itu, barang-barang berteknologi tingginya sangat terkenal di seluruh dunia.

9. Dolar Amerika Serikat (USD)

Karena kepemimpinan ekonomi dunia AS, mata uangnya mencapai gelar "Mata Uang Cadangan Dunia". Dengan kata lain, orang-orang dapat melakukan pembayaran dolar di mana pun dan di negara mana pun.

10. Dolar Kanada (CAD)

Dolar Kanada adalah cadangan mata uang dunia terbesar kelima. Ini sering disebut "loonie" untuk menghormati burung yang digambarkan pada koin satu dolar mereka.





(sef/sef)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading