Internasional

Cek! Ini 10 Mata Uang Terkuat di Dunia

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 November 2020 07:40
U.S. dollar and Euro banknotes are seen in this picture illustration taken May 3, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebanyakan orang percaya bahwa Pound Inggris adalah mata uang paling mahal di dunia. Namun sebenarnya tidak, karena situasi ekonomi dan politik yang bergerak dengan dinamis.

Berikut 10 mata uang terkuat di dunia, dilansir dari FXSSI per Kamis (12/11/2020).




1. Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang tertinggi di dunia adalah Dinar Kuwait, terhadap Dolar Amerika Serikat. Nilai kurs yang tinggi dari mata uangnya didapat dari ekspor minyak yang signifikan ke pasar global.

Kuwait adalah negara kecil dengan kekayaan luar biasa. Karena ekonomi berbasis minyak bumi yang stabil, produksi dan ekspor minyak yang sangat berkembang, Kuwait dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Lebih dari 80% pendapatan negara berasal dari industri minyak, karena produksi minyak bumi di sini paling mudah dan termurah di antara negara lain. Selain ekonominya yang sangat stabil, Kuwait adalah negara bebas pajak dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

Ancient gold coins are displayed in Caesarea, north of Tel Aviv along the Mediterranean coast February 18, 2015. REUTERS/Nir EliasFoto: Koin Dinar (REUTERS/Nir Elias)
Ancient gold coins are displayed in Caesarea, north of Tel Aviv along the Mediterranean coast February 18, 2015. REUTERS/Nir Elias



2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain adalah mata uang paling berharga kedua. Bahrain adalah negara kepulauan Teluk Persia dengan populasi lebih dari 1 juta orang. Seperti dalam kasus pertama, sumber pendapatan terbesar negara ini adalah ekspor "emas hitam".

Menariknya, Dinar Bahrain dipatok dengan nilai tukar Dolar AS, dan nilainya terhadap Dolar AS tetap stabil sejak 2005.

3. Oman Rial (OMR)

Oman adalah sebuah negara di Semenanjung Arab. Berkat lokasinya yang strategis, ia memiliki ekonomi yang maju dan kualitas hidup yang tinggi. Oman Rial juga dipatok ke Dolar AS sebagai Dinar Bahrain.

Hebatnya, daya beli mata uang ini begitu tinggi sehingga pemerintah harus mengeluarkan uang kertas 1/4 dan 1/2 Rial.

4. Dinar Yordania (JOD)

Sulit untuk menjelaskan tingginya nilai Dinar Yordania. Negara ini tidak berkembang secara ekonomi, dan kekurangan sumber daya esensial, seperti minyak. Namun demikian, satu Dinar Yordania berharga 1,41 Dolar AS, yang menjadikannya salah satu dari 10 mata uang dunia terkuat.

Money Changer di YamanFoto: REUTERS/Khaled Abdullah
Money Changer di Yaman
Mata Uang Terkuat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading