Kisah Sedih Tak Cuma di RI, Ada Ribuan Starbucks Tutup

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
07 November 2020 15:50
Only sunshades are placed outside a cafe of the US coffee chain 'Starbucks' on the famous shopping road

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski penjualan sudah mulai pulih setelah sempat goyang akibat pandemi covid-19, tapi penutupan gerai restoran masih terjadi di beberapa negara. Mengutip dari restaurantbusinessonline.com, pada Kamis (5/11/2020), Starbucks mengatakan akan menutup 200 lokasi lagi di Amerika dalam 12 bulan mendatang, termasuk 100 lainnya di AS.

Penutupan ini merupakan bagian dari transformasi basis aset perusahaan. Mengganti unit kerja di kawasan bisnis perkotaan dengan lokasi pinggiran kota dengan drive-thru.

Namun kondisi hal ini tidak hanya dialami Starbucks saja. Hal yang saham juga dilakukan Dunkin menutup ratusan gerai.


Dunkin telah menutup hampir 700 lokasi AS, hampir 450 di antaranya di dalam lokasi Speedway. Ini menjadi bagian dari upaya untuk memperbaiki asetnya yang kinerja-nya rendah.

Seperti Starbucks, Dunkin berencana untuk mengganti lokasi tersebut dengan unit baru yang direnovasi, lebih disukai dengan drive-thru. Tantangan di daerah perkotaan jelas menyebabkan masalah bagi beberapa rantai yang membangun bisnis mereka dengan menentukan lokasi tempat orang bekerja.

Kondisi senada juga dialami Pizza Hut. Pada awal pekan ini mengatakan telah menutup 700 lokasi selama setahun terakhir. Itu sebagian besar mencakup sekitar 300 restoran AS yang dimiliki oleh pewaralaba yang bangkrut, NPC International.

Sama seperti Starbucks dan Dunkin, penutupannya adalah bagian dari upaya untuk mengalihkan basis asetnya, dalam hal ini dari restoran makan yang tidak berkinerja buruk, ke lokasi pengiriman dan pengantaran yang sedang berkembang.

Konsep makan malam telah mengalami tantangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir yang hanya meningkat selama pandemi. Itu telah menyebabkan pengajuan kebangkrutan dan penutupan massal di rantai seperti Ruby Tuesday.

Tetapi sejumlah rantai non-bangkrut juga menghadapi penutupan unit besar. Itu termasuk jaringan makan keluarga IHOP, yang bisa menutup tepat di bawah 100 lokasi, selain penutupan yang diumumkan sebelumnya. Konsumen tidak akan pergi sarapan sebanyak dulu, dan saingannya Denny's juga menutup beberapa lokasi.

Beberapa restoran fast-casual juga tutup. Rubio's, yang mengajukan pailit awal minggu ini, keluar dari seluruh pasar setelah pengajuan kebangkrutannya. Dan jaringan prasmanan 13 unit Country Cookin menutup semua lokasinya. (*)


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading