Usai Jeff Bezos Lego Rp 44 T, Saham Amazon Malah Terbang 6,3%

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 November 2020 14:32
FILE PHOTO: Jeff Bezos, founder of Amazon and Blue Origin speaks at the John F. Kennedy Library in Boston, Massachusetts, U.S., June 19, 2019.  REUTERS/Katherine Taylor/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Amazon, Jeff Bezos yang juga orang terkaya di dunia, menjual saham perusahaan e-commerce global itu senilai US$ 3 miliar atau setara Rp 43,8 triliun (asumsi Rp 14.600/US$) pada pekan ini.

Hal ini diketahui dari laporan raksasa e-commerce AS ini kepada otoritas bursa saham Wall Street. Menurut data yang disusun oleh OpenInsider, tahun ini Jeff Bezos sudah menjual saham Amazon US$ 10, 2 miliar Rp 146,92 triliun. Angka ini meningkat sangat signifikan dari tahun lalu sebesar US$ 2 miliar.

Namun, penjualan ini nyatanya tak membuat harga saham Amazon jatuh.


Sampai dengan penutupan perdagangan Rabu kemarin (4/11) atau Kamis pagi waktu Indonesia, Amazon yang dicatatkan di bursa Nasdaq dengan kode saham AMZN ini, harga sahamnya naik 6,32% ke level US$ 3.241,16 per saham atau naik US$ 192,75.

Saat ini harga perusahaan yang fokus pada e-commerce, cloud computing, digital streaming dan artificial intelligence ini punya nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1,63 triliun dengan rasio price to earnings (P/E) sebanyak 94,92 kali.

Meski melepas saham lebih dari Rp 40 triliun, nyatanya, Bezos masih memliki 53 juta saham Amazon yang nilai mendekati US$ 170 miliar atau jika dirupiahkan mencapai Rp 2.482 triliun.

Inilah yang membuatnya sebagai orang terkaya di dunia seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (5/11/2020).

Sebelumnya, Jeff Bezos mengungkapkan akan menjual sekitar US$ 1 miliar saham Amazon setiap tahun untuk mendanai Blue Origin. Ini adalah startup pembuat roket yang akan menawarkan perjalanan wisata ke luar angkasa.

Pada 2018, Blue Origin menawarkan paket perjalanan ke luar angkasa termasuk ke Bulan dengan harga US$20.000 hingga US$30.000 namun tanggal perjalanannya belum disepakati.

Selain itu, pada bulan Februari ini Jeff Bezos juga meluncurkan program pendanaan filantropis Earth Fund senilai US$ 10 miliar untuk memerangi efek perubahan iklim, dengan memberi hibah kepada ilmuwan, aktivis, dan organisasi lain.

Meskipun Jeff Bezos belum mengumumkan penerima dana tersebut, The Atlantic melaporkan pada Selasa bahwa Bezos diharapkan memberikan masing-masing US$ 100 juta kepada Nature Conservancy, Environmental Defense Fund, Natural Resources Defense Council dan World Wildlife Fund.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading