Thailand Gonjang-ganjing Tapi Bath Perkasa, Apa Rahasianya?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
03 November 2020 17:37
Ribuan orang berkumpul di persimpangan utama Bangkok untuk kembali menyerukan agar Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-O-Cha mundur. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Jakarta, CNBC Indonesia - Thailand sedang dilanda demo berjilid-jilid dalam beberapa bulan terakhir. Namun, situasi tidak kondusif tersebut belum mampu meruntuhkan keperkasaan mata uang Thailand, bath.

Pada perdagangan hari ini, Selasa (3/11/2020), baht menguat 0,32% ke 31,05/US$ di pasar spot melansir data Refinitif. Baht bahkan sudah menguat dalam 4 hari terakhir.

Demonstrasi berjilid-jilid di Thailand dimulai sejak 18 Juli lalu. Artinya sudah berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Sejarah mencatat kondisi perpolitikan Thailand memang penuh intrik dan gejolak. Kali ini unjuk rasa para mahasiswa dan pelajar sekolah menengah itu dipicu oleh putusan pengadilan untuk membubarkan partai pro-demokrasi Februari lalu.


Melansir BBC, Future Forward Party (FFP) terbukti sangat populer di kalangan pemilih muda yang baru pertama kali dan memperoleh bagian kursi parlemen terbesar ketiga dalam pemilu Maret tahun lalu yang dimenangkan oleh kepemimpinan militer sebagai petahana.

Aksi protes kembali terjadi pada bulan Juni ketika aktivis pro-demokrasi terkemuka Wanchalearm Satsaksit hilang di Kamboja, tempat dia berada dalam pengasingan sejak kudeta militer 2014.

Gelombang demonstrasi terus terjadi. Puluhan ribu peserta demo turun ke jalan raya dalam pekan terakhir mendesak Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-o-cha mundur dan menerapkan konstitusi baru.

Demo juga kembali menuntut pembatasan pada kekuasaan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Sang Raja, tulis AFP, dianggap tak hadir di negeri itu saat ekonomi anjlok karena pandemi. Raja yang banyak menghabiskan waktu lama di Eropa menimbulkan kemarahan warga di media sosial dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak demo dimulai pada pertengahan Juli tersebut, maka uang baht masih anteng, sama sekali tidak mengalami gejolak. Pada Senin (20/6/2020), baht berada di level 31,79/US$, dibandingkan posisi hari ini, artinya terjadi penguatan 2,33%.

Ini Rahasia Kuatnya Baht
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading