2 Kali Temui Luhut, Siapa Sebenarnya Adam Boehler?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
26 October 2020 13:50
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) United States International Development Finance Corporation (IDFC) Adam S. Boehler di Jakarta pada Hari Jumat (23/10). (Dok. Kemenkomarves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Adam Seth Boehlermenjadi perhatian pelaku industri keuangan domestik. Dalam setahun ini, sudah dua kali pria asal Amerika Serikat (AS) ini bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Adam adalah Chief Executive Officer (CEO) United States International Development Finance Corporation (IDFC). Organisasi ini merupakan lembaga pembiayaan investasi yang dibentuk atas mandat Kongres Amerika Serikat (AS) yang berfokus pada investasi di negara-negara berkembang.

Menemui Luhut, Adam didampingi Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim. Rupanya, kunjungan kali ini secara khusus membahas mengenai peluang investasi di Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) Dana Abadi Indonesia yang akan dibentuk setelah adanya peraturan pemerintah turunan dari UU Cipta Kerja terkait.


Siapa sebenarnya Adam? Pria kelahiran lahir 23 Juni 1979 ini, adalah seorang pengusaha dan pejabat pemerintah AS yang saat ini menjabat sebagai CEO pertama di Perusahaan Keuangan Pembangunan Internasional AS.

Dia sebelumnya menjabat sebagai DirekturCenter for Medicare and Medicaid Innovation, serta Senior Advisor for Value-based Transformation for Health and Human Services SecretaryAlex Azardan Deputy Administrator of theCenters for Medicare and Medicaid Services.Ia bergabung dengan CMS pada April 2018.

Boehler lahir diAlbany, New York.Ayahnya adalah seorang dokter perawatan primer dan ibunya adalah seorang ahli patologi wicara dan pengusaha.Boehler menerima gelar Bachelor of Science in Economics dariUniversity of Pennsylvaniapada tahun 2000.

Selama kuliah, Boehler adalah temanJared Kushner, menantu dari Presiden AS Donald Trump yang juga salah seorang anggota Tim Penasihat di Gedung Putih.

Boehler pernah bekerja selama musim panas di Komisi Keuangan dan Fiskal, sebuah badan pemerintah yang dikelola olehParlemen Afrika Selatan.

Boehler memulai karirnya diBattery Ventures, sebuah firma modal ventura teknologi yang berfokus pada investasi dalam perangkat lunak dan teknologi baru.

Boehler juga merupakan mitra di Francisco Partners, sebuah firma ekuitas swasta global yang berbasis diSan Franciscodengan fokus pada teknologi dan layanan perawatan kesehatan.Boehler mendirikan dan menjadi Ketua Avalon Health Solutions, penyedia terkemuka layanan manajemen manfaat laboratorium.

Sebelumnya, Boehler adalah pendiri dan CEO Accumen, penyedia layanan manajemen laboratorium untuk sistem kesehatan.

Sebelum bergabung dengan CMS, Boehler adalah pendiri dan CEO Landmark Health, penyedia perawatan medis rumahan terbesar di negara ini.Para dokter dan perawat di Landmark merawat 100.000 pasien yang paling lemah di lebih dari dua puluh lokasi di seluruh negeri.
Boehler ditunjuk sebagai DirekturCenter for Medicare and Medicaid InnovationdiUnited States Department of Health and Human Services(HHS) pada April 2018.

Selama di HHS, Boehler juga menjabat sebagai Penasihat Senioruntuk Transformasi Berbasis Nilai kepada SekretarisAlex Azardan AdministratorPusat Layanan Medicare dan Medicaid(CMS).

Pada 10 Juli 2019,Donald Trumpmenominasikan Boehler untuk posisi CEO dariPerusahaan Keuangan Pembangunan Internasional AS yangbaru dibentuk, sebuah badan pemerintah yang dibentuk melalui Undang-Undang Pemanfaatan yang Lebih Baik dari Investasi yang Menuju Pembangunan (BUILD).

BUILD Act menggabungkanOverseas Private Investment Corporation(OPIC) danDevelopment Credit Authority(DCA) dariUnited States Agency for International Development(USAID) menjadi satu entitas, dengan batas investasi lebih dari dua kali lipat sebesar $ 60 miliar dan alat keuangan baru untuk memobilisasi modal swasta.Dia dengan suara bulat dikonfirmasi olehSenat Amerika Serikatpada tanggal 26 September 2019.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading