Dihargai Rp 781, Ustaz Yusuf Mansur Ogah Lepas Saham BRIS

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 October 2020 10:10
BRIsyariah Salurkan Dana PEN untuk UMKM (Dok. BRIsyariah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga cash offer (penawaran pembelian saham oleh pengendali dalam rangka merger bank syariah BUMN) PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) hanya berada di kisaran Rp 781/saham. Harga Rp 781/saham ini didapatkan dari valuasi harga wajar BRIS oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Suwendho, Rinaldy dan Rekan.

Dampaknya, harga saham kembali terkoreksi lagi, bahkan koreksi terjadi sejak awal perdagangan Kamis (22/10/20) yakni minus 6,81% menyentuh level auto reject bawah (ARB) di level Rp 1.300/saham.

Bahkan pada penutupan perdagangan hari itu, antrean saham BRIS yang menanti di level ARB di harga Rp 1.300/unit sebanyak 1,22 juta lot atau senilai Rp 159 miliar yang mengindikasikan koreksi akan kembali terjadi pada perdagangan Jumat ini (23/10).


Data BEI mencatat, koreksi ini melanjutkan penurunan tajam saham BRIS pada perdagangan Rabu yang juga kena batas bawah maksimal penurunan sebesar 7%, di harga Rp 1.395/saham.

Kendati demikian, mulai ada kebangkitan. Terpantau pada penutupan perdagangan sesi pertama Jumat (23/10/20) harga BRIS terkoreksi 3,46%di level Rp 1.255/saham setelah sempat melesat naik 4,62%.

Transaksi BRIS kembali ramai pada perdagangan Jumat dengan nilai transaksi mencapai Rp 702 miliar pada pertengahan perdagangan hari ini dengan dana asing yang kembali masuk Rp 8,3 miliar.

Broker yang banyak memborong saham BRIS di harga ARB-nya sendiri adalah PT Samuel Sekuritas (IF) yang membeli saham BRIS sebanyak 251 ribu lot di harga rata-rata Rp 1.212/unit dekat dengan harga ARB BRIS yakni Rp 1.210/unit dan menjadi broker bertransaksi besar dengan pembelian rata-rata terendah di saham BRIS pada Jumat.

Selain IF, data perdagangan mencatat broker-broker lain yang getol membeli BRIS di harga ARB-nya adalah PT Semesta Indovest Sekuritas (MG) dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas (YB).

Sedangkan broker dengan beli bersih saham BRIS terbanyak tengah jatuh kepada PT Valbury Sekuritas (CP) dengan beli bersih sebanyak 63.674 lot saham BRIS.

Alasan Yusuf Mansur Tak Lepas Saham BRIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading