Abaikan Perkembangan Buruk, Bursa Eropa Dibuka Menguat

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
16 October 2020 16:00
The German share prize index DAX board is photographed early afternoon on the day of the Brexit deal vote of the British parliament in Frankfurt, Germany, January 15, 2019. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa menguat pada sesi awal perdagangan Jumat (16/10/2020), berpeluang menghentikan koreksi kemarin di tengah masih tingginya penyebaran virus Covid-19.

Bursa Eropa cenderung bergerak berlawanan arah dengan mayoritas bursa saham Asia yang melemah. Indeks Stoxx 600, yang berisi 600 saham unggulan di Eropa, lompat 2,3% pada pembukaan, dengan semua indeks sektoral kompak melaju ke teritori positif.

Sejam kemudian, reli Stoxx 600 susut menjadi sebesar 2,8 poin (+0,8%) ke 365,72. Indeks DAX Jerman menguat 81,8 poin (+0,6%) ke 12.785,58 dan CAC Prancis tumbuh 69,5 poin (+1,4%) ke 4.906,88. Di sisi lain, indeks FTSE Inggris naik 58,65 poin (+1%) ke 5.891,17.


Beberapa negara di Benua Biru memberlakukan kembali pembatasan sosial di tengah lonjakan kasus Covid-19 dan kian kaburnya harapan bahwa kesepakatan stimulus AS bakal segera diteken.

Presiden AS Donald Trump pada Kamis mengatakan bahwa dia siap menaikkan angka stimulus menjadi US$ 1,8 triliun untuk mengamankan persetujuan dari Partai Demokrat. Namun demikian, inisiatif tersebut ditampik oleh Ketua Senat dari Partai Republik Mitch McConnell.

Di Benua Biru, Uni Eropa mengancam Inggris untuk tunduk dalam negosiasi mengenai hubungan dagang yang baru, atau bakal menghadapi gangguan perdagangan yang signifikan mulai tahun ini. London menilai sikap tersebut sebagai "mengecewakan."

AS telah menawarkan pencabutan tarif perdagangan atas whisky, anggur, dan produk lain dari Uni Eropa jika Airbus mengembalikan bantuan miliaran dolar kepada pemerintah-pemerintah di Eropa, demikian diberitakan Reuters.

Daimler pada Kamis mengumumkan kinerja yang melampaui ekspektasi menyusul kuatnya penjualan September dan pemulihan industri yang lebih cepat dari ekspektasi. Zona euro pada hari ini bakal mengumumkan neraca perdagangan Agustus dan inflasi September.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading