Ada AALI hingga SMGR, Simak Saham Potensi Cuan Hari Ini!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 September 2020 08:20
Ilustrasi Bursa, Pergerakan Layar IHSG di Gedung BEI Bursa Efek Indonesia  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (28/9/2020) ditutup anjlok 0,79% ke 4.906,54.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 673 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi menyentuh Rp 6,3 triliun.

Koreksi IHSG terjadi bersamaan dengan jumlah penderita Covid-19 di seluruh dunia yang telah mencapai angka 33 juta, dan 1 juta di antaranya meninggal.


Di sisi lain, pelaku pasar mulai ragu bahwa ketersediaan vaksin mampu mengatasi persoalan pandemi ini dalam waktu singkat.

Pandangan skeptis ilmuwan soal vaksin diutarakan oleh Malik Eiris dan Gabriel M Leung dari School of Public Health The University of Hong Kong dalam laporan di jurnal Lancet, mereka mengatakan bahwa hidup normal kembali merupakan asumsi yang mirip ilusi.

Dia mempertanyakan efektivitas vaksin tersebut dalam membangun antibodi secara masal. Laporan terpisah juga menyebutkan risiko Antibody Dependent Enhancement (ADE) yang memungkinkan virus corona justru lebih kebal akibat terkena antibodi yang kurang efektif.

Untuk perdagangan Selasa ini (29/9/2020) berikut sentimen dan saham-saham yang direkomendasikan oleh beberapa sekuritas:

Reliance Sekuritas Indonesia - IHSG Berpeluang Menguat

Pergerakan IHSG sedikit tertahan pelemahannya oleh Moving Average (MA) 5 hari, indikator stochastic yang memberikan signal golden-cross pada area oversold (jenuh jual) dan MACD yang terlihat divergence positif, sehingga pada perdagangan hari ini IHSG berpeluang menguat.

Saham pilihan:

AALI

ADHI

INCO

JSMR

Artha Sekuritas - Tren Bearish Masih Berlanjut

IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal IHSG masih bergerak pada tren bearish jangka menengah yang cukup kuat. Pergerakan masih akan dibayangi kecemasan akan tingginya kasus Covid-19 secara harian yang semakin tinggi. Investor akan mengantisipasi rilis beberapa data perekonomian Amerika Serikat.

Saham pilihan:

INDY

TOWR

KLBF

MNC Sekuritas - Cermati Gerak Indeks

Level support (batas bawah) terdekat IHSG berada pada area 4.850 dan berikutnya di 4.753, diperkirakan selama IHSG masih mampu bertahan di atas 4.850 maka diperkirakan IHSG berpeluang mengarah ke area 5.000-5.100 untuk membentuk wave B.

Namun sebaliknya, apabila ternyata IHSG terkoreksi agresif ke bawah 4.753, maka IHSG terkonfirmasi membentuk wave [v] ke arah 4.500-4.650.

Saham pilihan:

MAPI

MDKA

BBRI

Samuel Sekuritas Indonesia - IHSG Cenderung Konsolidasi

IHSG rebound dari level support 4.800, dan kini uji downtrend line. Market cenderung berkonsolidasi di bawah downtrend line, dan tetap waspada volatilitas yang masih bisa meningkat.

Saham pilihan:

EXCL

ISAT

SMGR

BEST


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading