IHSG Drop 4 Hari, Simak Saham Pilihan untuk Berburu Cuan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 September 2020 08:17
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (24/9/20) anjlok 1,53% di level 4.842,75. Ini merupakan koreksi empat hari berturut, atau tak sekalipun hijau selama pekan ini. 

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 508 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi menyentuh Rp 5,8 triliun.

Pembahasan stimulus fiskal di AS masih belum ada titik terang di parlemen (Kongres) AS. Bos The Fed, Jerome Powell bahkan mengatakan stimulus fiskal diperlukan untuk segera membangkitkan perekonomian AS.


"Kita sudah bangkit cukup cepat, dan itu bagus. Tetapi jalan masih panjang. Jadi, saya ingin mengatakan kita perlu bersama-sama, kita semua. Pemulihan ekonomi akan berjalan lebih cepat jika mendapat dukungan dari Kongres dan The Fed," kata Powell di hadapan House of Representatives Select Subcommittee, Rabu pagi waktu setempat.

Wakil Bos The Fed, Richard Clarida, juga menggarisbawahi bahwa perekonomian AS masih berada di 'lubang yang dalam' karena tingkat pengangguran dan permintaan yang rendah dan berharap stimulus fiskal akan semakin dikencangkan. Hal serupa juga diaminin Bos The Fed Cleveland, Loretta Mester yang mengatakan meskipun ada pemulihan namun AS masih terpuruk dalam 'lubang besar'.

Sentimen negatif selanjutnya datang dari perkembangan vaksin virus corona buatan AstraZeneca. Uji klinis tahap akhir vaksin yang disebut AZD1222 tersebut masih belum bisa dilanjutkan di AS. Penyidik federal dikatakan masih mencari "jawaban penting" untuk keselamatan pasien, kata Menteri Kesehatan dan Layanan Kesehatan AS, Alex Azar, kepada CNBC International, Rabu kemarin.

Uji klinis vaksin AZD1222 dihentikan sementara sejak 6 September lalu, setelah pasien di Inggris mengalami efek samping yang serius.

Untuk perdagangan akhir pekan ini Jumat (25/9/2020) berikut sentimen dan saham-saham yang direkomendasikan oleh beberapa sekuritas:

1. Panin Sekuritas - IHSG Masih Akan Melemah

Kembali menurun dengan distribusi besar pada saham-saham perbankan, IHSG masih membuka ruang penurunan pada perdagangan hari ini.

Saham pilihan:

  • BBCA
  • BMRI
  • JSMR
  • TOWR

2. Reliance Sekuritas Indonesia - Indeks Masih Tren Bearish

Secara teknikal IHSG bergerak melemah menguji kembali level terendah pada aksi sell off di awal bulan september 2020. Harga saham mendekati area level support 4.800-4.755 dengan indikator stochastic yang bearish mendekati area oversold mengiringi momentum indikator RSI yang tertekan. Sehingga secara teknikal diperkirakan IHSG bergerak kembali tertekan.

Saham pilihan:

  • UNVR
  • AKRA
  • JSMR
  • SMRA

Tekanan Mulai Berkurang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading