Berbekal Dana PEN, bank bjb Sudah Salurkan Kredit Rp 2,1 T

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
17 September 2020 14:52
BJBR Optimistis Penyaluran Rp 5 T Dana PEN Selesai Akhir Oktober (CNBC Indonesia TV) Foto: BJBR Optimistis Penyaluran Rp 5 T Dana PEN Selesai Akhir Oktober (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk (bank bjb/BJBR) mencatat hingga 13 September 2020 posisi penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui kredit kepada UMKM mencapai Rp 2,1 triliun atau 42,8% dari target.

"Posisi Bank Bjb mendapatkan alokasi dana PEN Rp 2,5 triliun dengan leverage dua kali. Saat ini sudah Rp 2,1 triliun atau 42,8% daripada dana yang harus kami salurkan terkait dana PEN," ujar Direktur Utama BJB, Yuddy Renaldi kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Kamis (17/9/2020).


Dia mengatakan, semua penyaluran sebagian besar untuk kredit produktif, komersial, UMKM, dan konsumer. Adapun salah satu yang menjadi acuan dari penyaluran tersebut adalah merujuk pada PMK 104.

"Mudah-mudahan ke depan ingin cepat melakukan proses penyaluran menjadi Rp 5 triliun sesuai komitmen Bank Bjb kepada Kemenkeu melalui dirjen perbendaharaan," ujarnya.

Dia menyebut tak ada kendala dari penyaluran dana PEN tersebut. Meski belum disalurkan secara penuh, namun menurutnya Bank Bjb dalam waktu 1 bulan sudah menyalurkan hampir 90% dana PEN tersebut.

"Nah tinggal masalahnya yang kedua, dua kali dari Rp 2,5 triliun yang jadi concern kita ke depannya sesuai RBB. Optimis 1 bulan ke depan hampir seluruh dana PEN sudah bisa dialokasikan, karena saat ini beberapa pipeline kita lakukan finalisasi. Semoga sampai Oktober semua sudah bisa disalurkan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading