2 Saham Kertas Sinar Mas Melambung, Kabar Ini Jadi Pemicunya

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
16 September 2020 14:45
Ilustrasi pabrik kertas/Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham dua emiten pabrik kertas Grup Sinar Mas kembali menguat hari ini. Tingginya permintaan kertas yang dibukukan induk usaha menjadi pemicu investor memborong dua saham ini. 

Harga saham PT Indiah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) berhasil melesat 6,96% ke level harga Rp 9,225/unit. Dalam tiga bulan terakhir harga saham INKP tercatat naik 69,41%. 

Sedangkan kompatriotnya PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) juga terpantau terbang 4,03% ke level harga Rp 6.450/unit. Dalam 3 bulan terakhir naik 34,85%.


PT Asia Pulp and Paper (APP) pabrikan kertas milik grup Sinar Mas, baru saja mengumumkan bahwa jatah bubur kertas jenis bleached hardwood kraft (BHK) untuk pembeli Asia pada bulan Oktober sudah mencapai limit, sehingga semua order untuk bubur kertas BHK akan di antarkan pada bulan November.

APP menyatakan hal ini disebabkan oleh permintaan yang tinggi di China. Menurut APP, industri kertas dan kardus China sedang memasuki kuartal ke empat yang memang secara historis adalah kuartal dimana pesanan bubur kertas sedang tinggi-tingginya.

Juru bicara APP mengatakan bahwa permintaan box sedang tinggi untuk kardus kue bulan dan hadiah menjelang hari raya tradisional China yakni Mid-Autumn Festival. Hari raya yang biasanya dirayakan pada 1 Oktober ini menyebabkan suplai boks karton maupun boks kertas menipis.

Selanjutnya permintaan percetakan untuk mencetak buku dan modul pembelajaran untuk semester baru tahun depan juga akan meningkat bulan depan yang tentunya juga akan meningkatkan permintaan akan bubur kertas.

Selain bertambahnya permintaan untuk kuartal ke-empat industri kertas, bubur kertas jenis bleached softwood kraft (BSK) diperdagangkan di pasar kontrak berjangka Shanghai Futures Exchanges dengan kenaikan yang mumpuni sehingga menyebabkan kenaikan harga bubur kertas yang ditawarkan oleh penyuplai.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading