Internasional

Makin Tajir! Anggota BTS Dapat Hadiah Saham Big Hit

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 September 2020 13:17
BTS Boyband

Jakarta, CNBC Indonesia - Boyband Korea Selatan BTS bagai mendapatkan durian runtuh dari rencana penawaran publik perdana (IPO) agensi mereka, Big Hit Entertainment. Itu dikarenakan masing-masing anggota mendapat hadia saham Big Hit sebelum IPO dilangsungkan akhir bulan ini.

Atas pengumuman itu, masing-masing anggota berpotensi mendapat tambahan kekayaan hingga mencapai US$ 20 juta atau sekitar RP 280 miliar. Pemberian saham itu juga berarti BTS akan menjadi "bos" bagi agensinya sendiri.

"Bang Si-hyuk, kepala eksekutif dan pemegang saham terbesar Big Hit, membagikan 68.385 saham kepada setiap anggota bulan lalu," menurut pengajuan peraturan pada Rabu (2/8/2020), sebagaimana dilaporkan media market Korsel Pulse News.


Kepemilikan individu mereka sendiri bisa mencapai 7,18 miliar won (US$ 6 juta) hingga 9,23 miliar won, tergantung pada harga IPO pada 25 September mendatang. Harga penawaran tersebut telah ditetapkan pada kisaran 105.000 won hingga 135.000 won per saham.

"Jika harga IPO berlipat ganda pada hari pertama perdagangan dan mencapai batas harian, saham yang dipegang oleh setiap anggota bisa bernilai hingga 24 miliar won." jelas media itu.

Big Hit mengatakan keputusan itu dibuat untuk memperkuat kemitraan jangka panjangnya dengan artis-artis utamanya dan memotivasi mereka dengan berbagi kekayaan perusahaan.

Seorang pakar industri mengatakan semua anggota BTS memperbarui kontrak mereka dengan Big Hit tahun lalu tanpa hambatan dan bahwa insentif saham terbaru adalah bukti lebih lanjut dari hubungan kerja yang kuat antara kedua pihak.

Sementara itu, CEO Bang mengatakan dalam briefing online bahwa perusahaan dapat menghindari dampak negatif  dari pandemi virus corona melalui penjualan yang dihasilkan dari album dan sumber lain. Big Hit meraup laba operasi sebesar 49,7 miliar won dari penjualan 294 miliar won dalam enam bulan pertama tahun ini, kira-kira sama dengan level tahun lalu.

BTS sendiri merupakan boy band dengan segudang prestasi meski baru tujuh tahun berdiri. Boy band yang dibentuk pada Juni 2013 itu pernah masuk daftar bergengsi TIME 100: The Most Influential People of 2019. Mereka juga telah mendapat banyak penghargaan top, seperti Billboard Music Awards dan American Music Awards.

Baru-baru ini mereka juga masuk daftar 100 selebritas dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes dan menduduki peringkat ke-47, dengan nominal bayaran mencapai US$ 50 juta atau setara sekitar RP 700 miliar.

Band yang terdiri dari RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook tersebut baru-baru ini merilis single berjudul Dynamite. Single berbahasa Inggris itu berhasil masuk dalam Billboard Hot 100 dan sukses menduduki peringkat teratas.


[Gambas:Video CNBC]

(res/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading