Garuda & Citilink Sudah Buka Penerbangan ke China

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 September 2020 08:53
Tingkatkan Okupansi, Garuda Tambah 13 Rute Direct Flight (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sudah membuka kembali penerbangan ke dua kota di China dengan mengikuti kebijakan pemerintah setempat. Penerbangan ini dilakukan oleh dua maskapai di satu grup, yakni Garuda Indonesia dan Citilink sejak bulan lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan sistem penerbangan yang dipakai adalah satu kota, satu maskapai dan satu penerbangan per minggu. Mayoritas penerbangan yang dilakukan adalah charter untuk membawa kembali warga China dari Indonesia dan sebaliknya.

"Garuda Indonesia terbang ke Chengdu dan Citilink juga terbang ke Kunming. Tapi mayoritas charter ada pengaturan membawa warga China kembali ke negaranya," kata Irfan dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, Selasa (1/9/2020).


Garuda Indonesia telah menutup seluruh penerbangan ke China sejak Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 akibat pandemi Covid-19 yang sudah lebih duku terjadi di negara tersebut. Rute-rute yang ditutup antara lain menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou dan Xi'an dimana jumlah penerbangan ke negara tersebut mencapai 30 kali dalam sepekan.

Kala itu Irfan mengatakan bahwa kebijakan ini diambil menyusul peningkatan skala penyebaran Virus Corona dan status darurat global yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona di Indonesia yang salah satunya dilakukan melalui penundaan sementara rute penerbangan dari dan menuju China," kata dia Senin (3/2/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading