Bola Panas PSBB di Tangan Pak Anies, IHSG Dibuka Melesat

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
13 August 2020 09:28
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (13/8/20) dibuka di zona hijau dengan kenaikan 0,24% di level 5.245,85. Selang 5 menit IHSG masih berada di zona hijau naik sebesar 0,79% di level 5.274,87.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 25 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 719 miliar.

Saham yang paling banyak dilego asing hari ini adalah PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dengan jual bersih sebesar Rp 73 miliar dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang mencatatkan net sell sebesar Rp 3 miliar.


Sementara itu saham yang paling banyak dikoleksi asing hari ini adalah PT Astra Internasional Tbk (ASII) dengan beli bersih sebesar Rp 14 miliar dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang mencatatkan net buy sebesar Rp 5 miliar.

Sementara itu bursa di kawasan Asia mayoritas terpantau menghijau. Hang Seng Index di Hong Kong naik 0,28%, Nikkei di Jepang terapresiasi 1,93%, sedangkan Indeks STI di Singapura terbang 0,71%.

Hari ini, pelaku pasar masih menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan apakah akan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang akan berakhir hari ini (13/8/20).

Beralih ke bursa saham New York, tiga indeks saham utama AS pada dini hari tadi akhirnya berhasil finis di zona hijau setelah terkoreksi pada periode perdagangan sebelumnya.

Indeks S&P 500 naik 1,4% dan membuatnya tepat berada di bawah level tertinggi sepanjang masa di bulan Februari. Penguatan S&P 500 juga diikuti oleh dua indeks lainnya yaitu Dow Jones dan Nasdaq Composite yang masing-masing terapresiasi sebesar 1,1% dan 2,1%.

Presiden Donald Trump membawa sentimen positif setelah pada Selasa malam mengatakan bahwa pemerintah AS akan membeli 100 juta dosis vaksin virus korona eksperimental Moderna, yang saat ini sedang dalam uji coba tahap akhir pada manusia.

Sentimen tersebut tampaknya membuat para trader mengabaikan ketidakpastian atas kelanjutan stimulus untuk masyarakat AS yang terdampak pandemi.

Pada hari Rabu (12/8/2020), Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan kedua belah pihak masih berseberangan dalam negosiasi seputar bantuan.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan Senin Gedung Putih terbuka untuk melanjutkan pembicaraan bantuan virus corona dengan Demokrat.

Komentar itu muncul setelah Presiden Donald Trump menandatangani empat perintah eksekutif pada akhir pekan lalu untuk memperpanjang beberapa bantuan virus corona.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading