Top! Sri Mulyani Siapin Kredit Rp500 Juta, Subsidi Bunga 3-6%

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
12 August 2020 09:46
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. Biro KLI-Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati terus berupaya membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19 terutama pelaku UMKM. Salah satunya dengan program bantuan subsidi bunga mulai 3% hingga 6%.

Ia menjelaskan, pelaku UMKM yang ingin meminjam di atas Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar akan mendapatkan subsidi bunga 3% pada bulan pertama dan 2% untuk 3 bulan selanjutnya.

Sementara itu, pelaku UMKM yang melakukan pinjaman hingga Rp 500 juta akan disubsidi sebesar 6%. Dimana subsidi bunga tersebut diberikan 3% pada bulan pertama dan 3% pada bulan kedua.


"Sedangkan pinjaman Rp 10 juta, subsidi bunga sampai keseluruhan mendapatkan subsidi bunga 25%," ujarnya dalam webinar, Selasa (11/8/2020).

Untuk bantuan subsidi bunga ini pemerintah pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 35,28 triliun. Anggaran ini masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk dukungan UMKM yang total alokasinya Rp 123,47 triliun.

Namun, ia menyayangkan dari besarnya anggaran untuk subsidi bunga ini yang terealisasi baru sedikit. Sebab, hingga minggu pertama Agustus 2020, realisasi subsidi bunga UMKM baru terealisasi Rp 1,3 triliun.

"Belum terlalu besar [realisasinya], mungkin masih ada persoalan perbankan atau lembaga keuangan dalam mengkomunikasikan ke UMKM, maupun proses pendaftaran untuk mendapatkan subsidi. Ini yang sedang kita evaluasi," kata dia.

Selain itu, dalam dukungan UMKM ini, pemerintah juga menyiapkan anggaran penempatan dana untuk restrukturisasi sebesar Rp 78,78 triliun. Dari anggaran ini sudah terealisasi Rp 30 triliun yang ditempatkan di bank Himbara (bank-bank BUMN).

Anggaran dukungan UMKM ini juga ditetapkan untuk belanja IJP (imbal jasa penjaminan) Rp 5 triliun, penjaminan untuk modal kerja (stop loss) Rp 1 triliun, PPh Final UMKM ditanggung pemerintah (DTP) Rp 2,4 triliun, dan pembiayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) KUMKM sebesar Rp 1 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading