Buka-bukaan PPATK Telusuri 'Dana Haram' Jouska

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
10 August 2020 08:15
Selidiki Dugaan Pencucian Uang Kasus Jouska, PPAT Turun Gunung (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebut ada upaya yang dilakukan untuk usaha pencucian uang atau mengaburkan uang-uang hasil kejahatan.

"Dari mana uang haram ini berasal, dasar hukum PPATK bekerja ada 26 kejahatan mulai dari narkoba, illegal logging, illegal fishing, korupsi, penipuan dan lainnya, bagaimana kita menangani ini agar tidak bisa dikaburkan," ujar Kepala PPATK, Dian Ediana Rae kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Sebelumnya, PPATK juga menyampaikan sedang melakukan pemetaan kasus Jouska, apakah masuk dalam kategori kejahatan ekonomi, penipuan berkedok investasi mulai dengan meneliti siapa saja yang terlibat dalam transaksi tersebut serta mengusut semua rekening terkait.


"Kita akan bicara berdasarkan fakta-fakta, kita mencari aliran dananya seperti apa, adakah transaksi yang mencurigakan yang mengarah pada kejahatan," ujarnya.

Kendati, kerugian yang dialami para nasabah mungkin tak sebesar kerugian PT Asuransi Jiwasraya (Persero), kata Dian, PPATK akan fokus pada kasus-kasus yang terkait dengan sistem keuangan.

"Sekecil apapun, kasus yang terkait sistem keuangan perlu kita cermati jangan sampai investor kehilangan kepercayaan kepada sistem keuangan," imbuhnya.

Meski demikian, Dian belum dapat memastikan perlu berapa lama tim PPATK melakukan investigasi terkait kasus Jouska.

Pasalnya, PPATK masih membutuhkan waktu untuk menelisik lebih jauh mengenai kemungkinan terjadinya potensi konflik kepentingan, masalah tata kelola perusahaan di internal Jouska.

"Perlu diamati secara teliti apakah ada fraud tidak, kita sedang memetakan lebih jelas, bagaimana duduk perkaranya," katanya lagi.

Dian melanjutkan, dalam waktu dekat ini, PPATK juga akan melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri untuk mengusut kasus ini.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading