Transaksi Jumbo, Siemens akan Beli Perusahaan Medis Rp 258 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 August 2020 20:15
People pass Siemens flags ahead of the company's annual shareholders meeting in Munich, Germany, January 31, 2018. REUTERS/Michael Dalder

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan alat kesehatan asal Jerman, Siemens Healthineers dipastikan akan mencaplok saham perusahaan spesialis perawatan kanker asal Amerika Serikat, Varian senilai US$ 16,4 miliar (Rp 268,96 triliun, asumsi kurs Rp 14.600/US$).

Rencana akuisisi ini diperkirakan akan rampung pada semester I-2021 nanti. Hal ini bergantung pada persetujuan pemegang saham Varian dan sejumlah ketentuan lainnya. Setiap saham Varian nantinya akan dihargai sebesar US$ 177,50.

"Dewan direktur Varian dengan suara bulat menyetujui perjanjian tersebut dan merekomendasikan kepada pemegang saham Varian juga untuk menyetujui perjanjian tersebut," kata Siemens Healthineers dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Minggu (2/8/2020).


Varian merupakan perusahaan teknologi seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin dan analisis data untuk meningkatkan pengobatan kanker yang berkantor pusat di Palo Alto, California. Jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan ini mencapai 10 ribu di seluruh dunia.

Pada tahun fiskal terakhir, perusahaan ini mencatatkan pendapatan senilai US$ 3,2 miliar dengan margin operasional sebesar 17%.

Sedangkan Siemens Healthineers merupakan anak usaha Siemens yang sahamnya dimiliki sebesar 85%. Namun setelah transaksi ini diperkirakan kepemilikan Siemens akan berkurang menjadi 72%.

Perusahaan ini mencatatkan penurunan laba bersih dalam tiga bulan terakhir sebesar 22% menjadi 270 juta euro dari 348 juta euro. Pendapatan juga merosot menjadi 3,31 miliar euro dari 3,56 miliar euro di periode yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading