Gilak! Cuma Jual 1,6% Saham Alibaba, Jack Ma Dapat Rp 138 T

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
13 July 2020 15:58
Jack Ma performs onstage during Alibaba's 20th anniversary party as the co-founder of the Chinese e-commerce giant steps down from his role as the company's chairman, at a stadium in Hangzhou, Zhejiang province, China September 10, 2019. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Alibaba Group Holding Ltd, Jack Ma dalam setahun terakhir terus mengurangi kepemilikan saham di perusahaannya tersebut dari 6,4% menjadi 4,8%.

Dari 1,6% saham yang dilepas, Jack Ma diperkirakan mendapatkan dana tunai US$ 9,6 miliar atau setara Rp 138,12 triliun (kurs Rp 14.387/US$) berdasarkan harga saham saat penutupan Jumat pekan lalu, seperti dikutip dari Reuters.

Divestasi tersebut dilakukan ketika Ma pensiun dari jabatannya sebagai Executive Chairman di perusahaan e-commerce terbesar di China tersebut pada September dan menarik diri dari peran bisnis formal untuk fokus pada filantropi.


Alibaba tidak mengungkapkan harga jual rata-rata divestasi itu. Harga sahamnya telah naik sekitar 40% sejak Ma melaporkan kepemilikan 6,4% di perusahaan itu setahun yang lalu.

Kinerja kinclong saham Alibaba dibantu pertumbuhan pendapatan yang mengalahkan prediksi, bahkan ketika ekonomi China melambat tajam, karena lebih banyak orang berbelanja online untuk hal-hal penting karena pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Eksekutif Alibaba Joseph Tsai juga mengurangi kepemilikannya di perusahaan selama periode yang sama, dari 2,3% menjadi 1,6%. Saham yang dijual itu senilai US$ 4,1 miliar pada hari Jumat.

Baik Ma dan Tsai tidak terlalu terlibat dalam operasi reguler Alibaba sejak Daniel Zhang diumumkan sebagai penerus Ma sebagai Chairman perusahaan. Dia mengemban peran itu secara resmi pada September 2019.

Sepanjang tahun ini, Ma dan Tsai telah menyumbangkan jutaan unit alat pelindung diri (APD) melalui masing-masing badan amal ke rumah sakit di seluruh dunia untuk membantu memerangi penyebaran Covid-19.

Pada April 2019, Ma menyampaikan pernyataan ke otoritas pasar modal Amerika Serikat atau Securities and Exchange Commission (SEC) yang menyatakan Ma akan menjual hingga 21 juta saham dalam satu tahun untuk mendukung upaya filantropisnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading