Internasional

Cari Cuan! Gitaris & Bassis U2 Suntik Modal Ventura Rp 1,5 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
30 June 2020 07:10
Musicians, Adam Clayton, from left, Bono, Larry Mullan Jnr and The Edge, of the band U2, perform on stage at Twickenham Stadium in London, Sunday, July 9, 2017. (Photo by Joel Ryan/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - David Howell Evans, gitaris yang dijuluki sebagai "the Edge" dan Adam Clayton, dari band rock kenamaan asal Irlandia, U2, diketahui ikut menanamkan modalnya dengan berinvestasi di "technology fund" dengan target dana investasi mencapai 100 juta euro atau US$ 112 juta (setara Rp 1,56 triliun, asumsi kurs Rp 14.000/US$).

Seorang juru bicara VentureWave Capital yang berbasis di Dublin, perusahaan investasi di belakang dana tersebut, mengkonfirmasi bahwa gitaris utama U2 itu dan sang bassis Clayton resmi menjadi investor di dana investasi teknologi tersebut.

Dana tersebut dinamakan, "Impact Ireland" menerima antara sekitar 20 juta euro dan 30 juta euro pada putaran pertama penggalangan dana, yang diluncurkan pertama kali pada September 2019 dan tahapan pertama ditutup pada Mei 2020. Putaran kedua penggalangan dana kini sedang berlangsung.


FILE PHOTO: Bono sings as U2 perform during their Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne
FILE PHOTO: Bono sings as U2 perform during their "U2: The Joshua Tree Tour", at Croke Park, Dublin, Ireland July 22, 2017. REUTERS/Clodagh Kilcoyne/File Photo

Dana ini akan berinvestasi di perusahaan-perusahaan dari Irlandia yang menghasilkan "teknologi untuk kebaikan" global. Selain itu, dana ini juga akan berinvestasi dengan menargetkan perusahaan teknologi berbasis cloud (komputasi awan) di sektor-sektor seperti pendidikan, kesehatan, makanan dan pertanian serta energi dan lingkungan.

Impact Ireland akan berinvestasi di lebih dari 15 perusahaan yang berpotensi mencetak pertumbuhan tinggi dan meningkatkan skala perusahaan Irlandia. Dana ini akan menempatkan antara 1 juta euro hingga 25 juta euro ke dalam masing-masing bisnis tersebut.

Dana tersebut juga merupakan kombinasi dari penyertaan saham swasta dan investasi modal ventura (venture capital).

Menurut lembaga riset yang berbasis di Washington, Pitchbook, seperti dilansir CNBC International, meskipun ada juga penyertaan saham, tapi kecenderungan pendanaan modal ventura ini cenderung berinvestasi ke perusahaan-perusahaan rintisan alias start-up dan perusahaan baru yang fokus pada teknologi melalui penyertaan saham minoritas.

U2 adalah kelompok musik populer asal Irlandia yang dibentuk tahun 1976, dan beranggotakan Bono (Paul David Hewson, vokal dan gitar), The Edge (David Howell Evans, gitar, piano, vokal dan bas), Adam Clayton (bas dan gitar) dan Larry Mullen, Jr (drum).

Band rock ini mencapai puncak ketenaran ketika album The Joshua Tree dirilis tahun 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika dan bertahan hingga sembilan pekan, dengan beberapa lagu andalan seperti Where the Streets Have No Name, I Still Haven't Found What I'm Looking For, dan With or Without You.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading