Jadi Bos Baru di Bukopin, Ini Strategi Rivan Purwantono

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 June 2020 19:49
Direktur Konsumer Bukopin, Rivan A. Purwantono dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) adalah mengangkat Rivan Purwantono menjadi direktur utama, menggantikan pendahulunya Eko Rachmansyah Gindo.

Ada sejumlah pekerjaan rumah yang akan dilakukan Rivan untuk terus memperbaiki Bank Bukopin. "Saya akan memperbaiki struktur dana, tingkat kepercayaan masyarakat, bagaimana menciptakan ritel yang benar-benar ritel fokus lingkungan masing-masing," ujarnya usai RUPST di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Struktur dana ini salah satunya mengenai penyaluran kredit personal konsumer. Apalagi di masa pandemi yang masih berlangsung, ada segmentasi yang akan dipilih.


Bahkan menurutnya, Bank Bukopin telah melakukan stres test, terkait industri apa saja yang terdampak virus corona. Dari industri yang terdampak tersebut, dicari mana saja industri turunannya.

"Ada yang mampu bayar 70%, setengahnya, ada yang tak mampu bayar sama sekali. Ini relaksasi harus diberikan bukan berarti mati total," ujarnya.

Dia juga mengatakan akan menjaga pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) di kantor-kantor cabang Bank Bukopin. Selain itu, dia juga akan fokus pada layanan transaksi di kantor cabang.

"Mulai dengan new normal, kita yakin akan lebih bagus diharapkan saatnya recovery menjadi lebih bagus," katanya lagi.

Sebagai informasi, Rivan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Konsumer Bukopin sejak awal 2018. Lulusan S1 Universitas Gadjah Mada dan Magister Hukum Universitas Pelita Harapan ini sempat dipercaya oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia sejak 8 Mei 2020.

Namun, panggilan dari para pemegang saham untuk menyelesaikan tantangan Bukopin, membuat Rivan meninggalkan kursi empuk di BUMN.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rivan Purwantono Jadi Dirut Bukopin


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading